Sukses

Pria Asing Bagikan Tutorial Masak Nasi Goreng Tempe, Bungkusnya Curi Perhatian

Bukan daun pisang atau plastik tranparan, tempe milik pria asing justru dibungkus kotak kemasan khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Tempe merupakan makanan populer bagi kebanyakan warga Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, bahan makanan ini juga bisa diolah jadi berbagai macam makanan, dan ini tidak hanya dilakukan orang Indonesia.

Seorang pria asing membagikan momen memasak tempe di akun TikTok-nya, @bakinghermann. Dalam unggahan pada Selasa, 5 Oktober 2021 itu, ia membeli tempe kemasan dan siap mengolahnya bersama nasi.

Di Indonesia, tempe biasanya dikemas dengan daun pisang atau plastik tranparan. Namun, tempe milik pria bernama Julius Fiedler ini dibungkus dengan kotak kemasan khusus.

Kemasan dengan desain menarik itu bertuliskan Protempeh. Dituliskan pula bahwa tempe itu dibuat dengan tangan tanpa adanya proses pasteurisasi. Saat dibuka, tempe masih dikemas dengan plastik transparan.

Tempe itu kemudian dipotong dadu dan digoreng dengan minyak panas. Selanjutnya, ia memotong serai dan menumisnya bersama bawang putih, serta sambal.

Setelah itu, ia memasukkan nasi dan kembali menumisnya. Julius juga membuat saus di wadah terpisah dengan mencampurkan kecap, serta gula merah yang kemudian dipanaskan.

Usai berbuih, ia menambahkan cuka ke saus tersebut. Setelahnya, Julius memasukkan potongan daun bawang, saus yang telah dibuat, serta tempe ke dalam tumisan nasi. Ia menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis untuk sentuhan terakhir masakannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seperti Bungkus Kado

Nasi goreng tempe buatan Fiedler pun siap disantap. Video ini menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar pun memenuhi unggahan tersebut.

Banyak yang salah fokus dan membahas bungkus tempe yang dipakai Julius. "Bungkus tempenya keren amat," komentar seorang warganet. "Wow tempe di luar negeri bungkusnya kayak kado ulang tahun. Lah di Indonesia cuma pakai daun pisang haha," timpal warganet lainnya.

Ada juga yang memuji Julius karena menyukai makanan Indonesia. Sampai berita ini dibuat, video nasi goreng tempe itu sudah dilihat lebih dari 1,8 juta kali dan disukai lebih dari 191 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Pakai Stirofoam dan Ice Bag

Di Indonesia, tempe cukup murah dan mudah ditemukan di pasaran. Namun, hal ini berbeda dengan di luar negeri, seperti di Korea Selatan. Seorang wanita bernama Reisha membagikan pengalamannya membeli tempe secara daring di Negeri Ginseng.

Tempe tersebut dikemas dengan kotak stirofoam yang disolasi. Setelah kotak dibuka, terlihat ada ice bag untuk menjaga tempe tetap segar. Di bawahnya, barulah terlihat tempe yang dikemas dengan plastik.

Bentuk tempe itu sama persis dengan yang ada di Indonesia. Wanita ini membeli empat papan tempe berukuran sedang yang dibanderol 8.999 won dengan ongkos kirim tiga ribu won.

Total, ia menghabiskan 11.990 won atau sekitar Rp152 ribu untuk membeli tempe. Menurut Reisha, rasanya sama saja karena tempe tersebut diimpor dari Indonesia.

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.