Sukses

Kreasi Bekal Makan Siang Bertema Squid Game yang Mencuri Perhatian

Bekal makan siang bertema drama Squid Game ini dibuatkan seorang kakak untuk adiknya yang menyukai serial tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Serial drama Squid Game masih jadi topik hangat di media sosial. Kepopuleran drama yang dirilis pada pertengahan September 2021 ini membuat penonton tidak hanya menikmati ketegangan dalam setiap episodenya, tapi juga berkenalan dengan kultur konvensional Korea Selatan.

Beragam hal terkait serial permainan bertahan hidup ini pun sukses menarik perhatian warganet. Seperti saat seorang wanita berbagi video menyiapkan bekal makan siang bertema Squid Game untuk adiknya melalui akun TikTok @venithyacalistaa, baru-baru ini.

Dalam rekaman itu, ia mengatakan bahwa adiknya sangat menyukai serial tersebut sehingga bekal makan siang itu merupakan hadiah untuknya. "Mabok #SquidGame di mana-mana," tulisnya singkat dalam keterangan video.

Awalnya, wanita diketahui bernama Veni ini memanggang smoked beef, lalu memipil jagung dan mengukusnya. Ia kemudian merebus telur dan menggunting rumput laut kering. Aksinya dilanjutkan dengan menggunting smoked beef yang sudah matang jadi bentuk penjaga di drama garapan Hwang Dong Hyuk itu.

Smoked beef ini kemudian ditata di atas nasi yang sudah dimasukkan ke dalam kotak bekal. Untuk bagian wajahnya, Veni menggunakan rumput laut yang telah dipotong dan merekatkannya dengan mayones.

Ia juga membuat tali baju dari penjaga berbaju merah itu dengan rumput laut. Disambung dengan menggambar simbol segitiga, lingkaran, dan persegi menggunakan mayones.

Di wadah lain, ia menyusun selada, serta jagung yang telah dikukus dan diberi taburan keju. Ia kemudian menggoreng sosis dan ditata bersama telur rebus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memperkaya Rasa

Untuk memperkaya rasa, ia juga memberi taburan cabai kering di atas nasi. Kotak bekal bertema Squid Game pun selesai, dan Veni langsung memberikan pada adiknya.

Adiknya terlihat terkejut dan sangat senang dengan pemberian itu. Video ini sempat viral dan menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar pun memenuhi unggahan tersebut.

"Enak banget dibikinin bekal sama kakak. Lucu banget lagi ala Squid Game gitu temanya," komentar seorang warganet. "Yang bekalnya mi goreng dingin kecetak kotak minggir dulu deh," komentarr warganet lainnya..

Sampai berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton lebih dari 5 juta kali dan disukai lebih dari 496 ribu pengguna.

3 dari 4 halaman

Permen Dalgona

Terlepas dari bekal itu, beberapa makanan memang muncul dalam drama Squid Game. Salah satu yang paling menyita perhatian adalah permen dalgona di episode pertama. Terlepas dari ketenarannya di awal pandemi lewat sajian kopi, dalgona sebenarnya adalah permen manis yang biasanya dijajakan pedagang kaki lima.

Camilan ini disebut sangat populer pada periode 1970 dan 1980, menurut Pink Villa. Walau awal mula kehadirannya masih belum jelas, dalgona dipercaya pertama kali dibuat setelah Perang Korea. Selama perang, yakni pada 1950--1953, personel Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) biasanya memberikan permen pada anak-anak.

Itu tentu tidak diberikan secara terus-menerus, sementara orangtua mereka tidak mampu membeli permen. Jadi, mereka membuat permen versi mereka sendiri dan menamakannya dalgona.

Ide dasarnya, permen dalgona dibuat sangat mirip dengan lolipop besar dan dibuat dalam berbagai bentuk seperti hati, bintang, dan lingkaran. Resep permen ini tahun lalu diubah jadi minuman populer, kopi dalgona. Sejak 1980-an, permen dalgona perlahan memudar popularitasnya dengan alasan seperti kualitas rendah dan produksi yang tidak sehat.

Permen ini bukan camilan sehat karena mengandung 99 persen gula. Sesekali, pedagang kaki lima muncul di sekitar taman dan tempat wisata, menggunakan aspek retro dari jajanan tersebut sebagai nilai jual.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.