Sukses

Terungkap! Alasan Wanita Sering 'Mainin' Rambut Menurut Psikolog

Liputan6.com, Jakarta Menyentuh rambut helai demi helai, memutar, dan menarik rambut sering dilakukan wanita dalam berbagai kesempatan. 

Bahkan dalam sebuah penelitian seperti dikutip laman Elitedaily diketahui wanita menyentuh rambutnya hingga 18 kali sehari. Nah pertanyaannya sekarang, apa yang membuat para wanita terus-menerus menyentuh rambutnya? 

Psikolog Klinis yang berbasis di NYC, Rachel Wien mengatakan secara singkat, aktivitas memainkan rambut dapat diartikan dari berbagai hal. Beberapa di antaranya dikaitkan dengan kegugupan yang khas tentang tanda kecemasan. 

"Bermain dengan rambut dapat menunjukkan kecemasan tentang penampilan atau perasaan dalam situasi. Memutar rambut juga bisa jadi tanda bahwa tubuh sedang merespon alam bawah sadar terhadap emosi yang akan muncul," kata Wien. 

Selain gugup, memainkan rambut secara terus-menerus juga bisa menandakan dari gejala umum kecemasan yang lain, seperti kegelisahan. Temuan lainnya karena seseorang merasa nggak nyaman atau khawatir. 

Bagi sebagian orang, kata Wien, memutar-mutar rambut bertindak sebagai cara untuk menenangkan diri dalam situasi seperti itu. 

"Ini membantu diri melakukan sesuatu dengan tangan untuk meredam rasa gelisah atau gugup."

 

2 dari 2 halaman

Menyukai Sensasinya

Bermain-main dengan rambut secara terus-menerus, juga menandakan hal lain lho. Beberapa orang melakukannya karena hanya menyukai sensasinya. 

"Mungkin yang ada dipikiran mereka, ketika memainkan rambut terasa menyenangkan jika dilakukan orang lain," kata Wien.

Nggak jarang ditemukan beberapa wanita yang mencoba memainkan rambutnya untuk menggoda. Katakanlah dia sedang berbicara dengan orang yang dianggap menarik. 

Memainkan rambut merupakan cara alam bawah sadar untuk menunjukkan bahwa dia peduli tentang apa yang ada dipikiran lawan bicaranya, tentang penampilan fisik. 

"Beberapa orang mungkin ingin lebih menarik perhatian dan mengomunikasikan bahwa dia terlihat baik, guna mendapatkan perasaan positif dari lawan bicaranya," tambah Psikolog Klinis. 

Oh ya, selain itu yang harus kamu ketahui bahwa kebiasaan menarik rambut, tanpa disadari dapat melemahkan rambut lho. Tentunya hal itu dapat menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok. 

Oleh karena itu, buat kamu yang sering memainkan rambut dan untuk mencegah kerontokan rambut, ada baiknya mulai melakukan perawatan yang tepat. 

Kamu bisa mulai dengan cara membersihkan kulit kepala menggunakan sampo yang membantu mengatasi kerontokan rambut hingga 98%. Untuk melindungi rambutmu dari kerusakan yang menyebabkan rambut patah. Dukung perawatannya menggunakan kondisioner yang menutrisi dan melindungi rambut dari pangkal sampai ke ujung untuk mencegah kerontokan. 

So, pilihlah sampo dan kondisioner yang diperkaya dengan Rice Oil Essence dari Jepang yang merupakan rahasia Jepang kuno untuk keindahan rambut dan Pro-Vitamin serta pelembab micro yang membungkus helai rambut menjadi halus.

 

(*)