Sukses

Bahagia Perempuan Kurang Berat Badan, Bersyukur Walau Hanya Naik 1 Kg

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang lumrah mendengar masalah orang kelebihan bobot tubuh yang mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Namun, mereka yang tidak memiliki indeks massa tubuh (IMT) normal nyatanya melalui perjuangan serupa, walau tidak sering diperhatikan.

Beberapa orang bahkan tidak jarang bercanda, mengatakan mereka membela diri karena sudah makan banyak, tapi masih bertubuh kurus. Padahal tidak semudah itu, dan video seorang gadis yang viral di TikTok baru-baru ini jadi salah satu contohnya.

Melalui sebuah video, pemilik akun @sheisdee_ menceritakan keberhasilan menambah berat badan. Kisahnya lalu mencuri perhatian pengguna lain. Mengaku bergelut dengan masalah kekurangan berat badan, ia membagikan kegembiraan ketika bobot tubuhnya berhasil naik dari 38 kilogram (kg) jadi 39 kg dalam sebulan.

Meski hanya bertambah 1 kg, itu tetap berarti untuknya. "Sebagai orang kekurangan berat badan, itu sebuah pencapaian," tulisnya sebagai keterangan video yang sampai artikel ini ditulis telah ditonton 267 ribu kali tersebut.

Di kolom komentar, banyak orang mengaku senasib dengannya. Mereka menuliskan perjuangan menaikkan berat badan bukan sesuatu yang mudah. Beberapa bahkan berbagi tips supaya berhasil.

"Umumnya sih makan banyak dan olahraga ya. Tapi yang penting di pikiran kak, buat bahagia selalu," tulis seorang pengguna yang sebelumnya mengatakan berhasil menaikkan berat badan dari 38 kg jadi 42 kg.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tambah Secara Perlahan

Beberapa juga mengatakan bahwa ia memiliki teman yang juga kekurangan berat badan. Pengguna itu menceritakan bahwa kondisi itu sering kali membuat temannya stres. "Tolong dukung ia apa pun yang terjadi," balas pemilik akun tersebut.

Si pemilik akun juga membalas komentar-komentar lain. Selain mengungkap terima kasih atas ucapan selamat yang disampaikan, ia menyarankan orang yang juga kekurangan berat badan untuk menambah bobot tubuh secara perlahan.

"Pelan-pelan, tapi pasti," tulisnya. "Orangtua saya selalu berpesan bahwa berapa pun berat tubuh saya, yang penting saya sehat. Kerja bagus! Saya juga kekurangan berat badan, saya tahu perasaanmu," timpal yang lain.

3 dari 4 halaman

Serba-serbi Kekurangan Berat Badan

Melansir Medical News Today, Senin, 6 September 2021, seperti kelebihan berat badan, kekurangan bobot tubuh juga punya risiko kesehatan. Jika seseorang kekurangan berat badan, tubuh mereka mungkin tidak mendapat nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun tulang, kulit, dan rambut yang sehat.

Tidak semua orang yang kekurangan berat badan mengalami efek samping akibat kondisi tersebut. Namun, beberapa studi mencatat risiko osteoporosis, masalah kulit, rambut, atau gigi, sering sakit, merasa lelah sepanjang waktu, serta anemia.

Seseorang dapat menambah berat badan dengan mengikuti diet sehat yang menggabungkan makanan padat kalori nan bergizi. Sementara menu makanan harian disarankan dikonsultasikan pada ahli gizi, ada beberapa catatan penting dalam praktiknya.

Pertama, menambahkan makanan ringan. Camilan tinggi protein dan karbohidrat gandum dapat membantu seseorang menambah berat badan. Kemudian, makan beberapa makanan kecil sehari.

Ketiga, memasukkan makanan tambahan. Misalnya dengan menambah irisan almond di atas sereal atau yogurt, biji bunga matahari, chia pada salad atau sup, maupun selai kacang pada roti panggang gandum.

Terakhir, menghindari kalori kosong. Makan makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan seseorang menambah berat badan, tapi mereka juga memiliki kelebihan lemak yang memengaruhi fungsi jantung dan pembuluh darah. Mereka justru disarankan menghindari makanan yang tinggi gula dan garam.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar