Sukses

Sosok Tengku Hassanal, Putra Raja Malaysia yang Gemar Olahraga dan Peduli Lingkungan

Putra Raja Malaysia Tengku Hassanal merupakan satu almamater dengan Pangeran William dan Pangeran Harry di sebuah akademi militer.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok para pangeran di seantero jagat tak jarang yang mencuri atensi publik. Salah satu di antaranya adalah putra kandung tertua Raja Malaysia dan Sultan Pahang saat ini, Al-Sultan Abdullah dan permaisurinya Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandaria, yakni Tengku Hassanal Ibrahim Alam Shah.

Dilansir dari SCMP, Rabu, 1 September 2021, Tengku Hassanal Ibrahim Alam Shah dikirim ke luar negeri untuk menempuh studi, seperti kebanyakan bangsawan lainnya. Pangeran berusia 25 tahun ini bukan satu-satunya yang melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Kepada Kantor Berita Nasional Malaysia, Bernama, Tengku Hassanal menyebut bahwa ayahnya mengirim anak-anaknya belajar di Inggris bukan untuk pamer, tetapi ingin membuat mereka mandiri.

Pangeran kelahiran 17 September 1995 ini menghabiskan tahun-tahun awalnya belajar di Caldicott Preparatory School dan Sherborne School di Inggris. Ia lantas memperoleh gelar sarjana hubungan internasional di Geneva School of Diplomacy and International Relations, Swiss.

Sebagai pewaris takhta Pahang, Tengku Hassanal juga menjalani pelatihan militer di Royal Military Academy Sandhurst di Inggris. Ini adalah akademi bergengsi yang juga mencetak lulusan ternama.

Tercatat, Pangeran William dan Pangeran Harry dari Inggris, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei dan ayah Tengku Hassanal, Al-Sultan Abdullah sebagai alumni akademi militer ini. Terlepas dari status kerajaannya, Shah dikabarkan tidak menonjolkan diri selama 44 minggu pelatihannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peduli Sesama dan Lingkungan

Tengku Hassanal dilaporkan hanya menggunakan nama "Shah" untuk menghindari menarik perhatian. Sebagai panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Malaysia, Al-Sultan Abdullah secara pribadi menganugerahkan pangkat letnan dua kepada Shah pada 2020.

Tengku Hassanal juga tak jarang mengabadikan ragam kegiatannya di akun Instagram pribadi. Jika kakak perempuannya Tengku Puteri Iman Afzan terkenal karena advokasi kesehatan mentalnya, ia mengarahkan fokus pada konservasi lingkungan.

The Star melaporkan, Tengku Hassanal bahkan menyumbangkan beberapa bulan tunjangan kerajaannya untuk dana bantuan Covid-19 Pahang dan dana Pahang4Palestine yang diluncurkan oleh pemerintah Malaysia. Meski belajar di luar negeri, ia masih menghabiskan liburan sekolahnya di Negeri Jiran dan kerap menemani ayahnya ke acara resmi di Pahang.

3 dari 4 halaman

Gemar Olahraga

"Saya senang melayani orang-orang," kata Tengku Hassanal dalam sebuah wawancara dengan New Straits Times.

Saat tak bertugas sebagai putra Raja Malaysia dan Pemangku Raja Pahang, pangeran ini menghabiskan waktu luangnya untuk olahraga. Salah satunya tampak dari unggahannya di Instagram.

Tengku Hassanal tampak menampilkan potret dan video dirinya berlari, bermain sepak bola dan sepak takraw. Bahkan, ada pula potretnya saat berkompetisi di turnamen polo.

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.