Sukses

Taman Nasional Tanjung Puting Buka Kembali 1 September 2021, Simak Cara Reservasinya

Wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting, dapat mereservasi tempat melalui dua cara.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Nasional Tanjung Puting akhirnya membuka kembali pintu untuk wisatawan. Daerah konservasi di Kalimantan Tengah ini dibuka mulai Rabu, 1 September 2021.

Kabar ini dibagikan melalui akun Instagram resmi Balai Taman Nasional Tanjung Puting. Reservasi kunjung telah dapat dilakukan mulai Minggu, 29 Agustus 2021.

"Tanjung Harapan dan Pondok Tanggui yang sementara dibuka dulu," bunyi keterangan unggahan tersebut.

Reservasi dapat langsung di aplikasi Sitapan melalui ponsel atau aplikasi web. Pengunjung dapat mengunduh di Playstore untuk Android atau mengakses tntanjungputing.id/sitanpan/dashboard.

Alur reservasi karcis wisata di Taman Nasional Tanjung Puting. Untuk akses masuk, wisatawan masuk ke menu "Reservasi Perorangan", sedangkan operator wisata masuk ke menu "Reservasi Biro Wisata".

Bila belum terdaftar, dapat menghubungi Kantor Balai Taman Nasional Tanjung Puting. Selanjutnya, calon pengunjung mengisi data peserta, seperti nama, jenis kelamin, asal (kota atau kabupaten), usia, kewarganegaraan, pekerjaan, file KTP, file surat keterangan sehat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengisi Data

Wisatawan juga harus mengisi rencana lama kegiatan, mengisi data wisata, meliputi jumlah orang, kegiatan, hingga lama kunjungan. Jangan lupa untuk mengisi data nama dan email sebagai tujuan mengirimkan bukti reservasi dan rincian biaya.

Lalu, petugas akan memverifikasi data yang telah dilampirkan. Bila verifikasi data berhasil dan disetujui, notifikasi akan dikirimkan melalui email yang telah didaftarkan.

Tahapan berikutnya adalah mentransfer biaya melalui Bank BRI dengan nomor rekening 0282-01-001796-30-7, BPN 102 BTNTP Pangkalan Bun. Rincian biaya dikirim melalui email yang telah didaftarkan sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Cek Reservasi

Sebagai konfirmasi pembayaran, unggah bukti pembayaran melalui menu "E-Ticketing - Konfirmasi Pembayaran". Petugas akan memverifikasi berkas pembayaran dan setelah berhasil, notifikasi dan kuitansi pembayaran akan dikirimkan melalui email.

Kemudian, pilih menu "E-Ticketing - Cek Reservasi" dan masukkan nomor invoice dan klik "Lihat Data". Invoice akan tampil dan cek detail kegiatan Anda.

Terakhir, untuk mencetak, klik tombol "Print". Bawa hasil cetak atau tunjukkan invoice Anda kepada tugas loket masuk kawasan Taman Nasional Tanjung Puting.

4 dari 4 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.