Sukses

6 Detail Tersembunyi nan Bermakna di Pakaian Para Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cerita hadir dari pesta olahraga sejagat, Olimpiade Tokyo 2020. Para atlet dari seantero dunia berlaga dan berjuang untuk mempersembahkan kemenangan bagi negaranya.

Namun salah satu elemen yang tak terpisahkan dari para atlet Olimpiade Tokyo 2020 adalah pakaian untuk bertanding hingga seragam yang dikenakan spesial untuk penyelenggaraan Olimpiade tahun ini yang digelar di tengah pandemi.

Pakaian para atlet Olimpiade Tokyo 2020 tersebut tak hanya berdetail tersembunyi, namun sarat akan makna. Lantas, mana saja pakaian-pakaian tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Insider, Rabu (28/7/2021).

1. Bintang-bintang

Leotard (pakaian one-piece ketat yang menutupi tubuh dari selangkangan ke bahu) biru tim senam putri Amerika Serikat (AS) dalam kualifikasi dihiasi 76 bintang. Hal tersebut terinspirasi dari Negeri Paman Sam yang merdeka pada 1776.

Pakaian bertanding ini diproduksi oleh GK Elite. Leotard juga terbuat dari kain daur ulang dan menampilkan 6.467 kristal Swarovski, demikian kata perwakilan perusahaan kepada Insider.

2. Bertabur Swarovski

Baju ketat tim senam AS untuk final tim all-around putri di Olimpiade Tokyo 2020 menampilkan 7.600 kristal Swarovski yang juga merujuk pada tahun kemerdekaan AS. "Desain ikonik merah, putih dan biru yang terinspirasi patriotik dimaksudkan untuk menggambarkan simbol kekuatan dan kebesaran untuk menginspirasi pria dan wanita untuk meraih emas di Tokyo," kata perwakilan GK Elite kepada Insider.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 6 halaman

3. Penghormatan untuk Kobe Bryant

Jayson Tatum dari tim bola basket putra AS mengenakan nomor punggung Kobe Bryant sebagai penghormatan kepada pemain favoritnya. Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter pada Januari 2020.

Putrinya Gianna Bryant juga meninggal dalam kecelakaan itu, bersama tujuh orang lainnya. "Dengan ini menjadi Olimpiade pertama sejak kami kehilangan dia, itu memiliki nilai lebih. Itu bukan sesuatu yang saya anggap enteng," kata Tatum kepada ESPN.

3 dari 6 halaman

4. Logo Warna Bendera Rusia

Seragam Olimpiade Rusia tidak diizinkan untuk menampilkan bendera Rusia karena sanksi yang dijatuhkan usai skandal doping. Sebagai gantinya, mereka menampilkan logo Olimpiade dengan warna bendera Rusia.

Usai program doping yang disponsori negara terungkap dalam delegasi Olimpiade Rusia pada 2014, Pengadilan Arbitrase Olahraga memberlakukan sanksi empat tahun, yang dikurangi menjadi dua tahun pada 2020. Atlet Rusia yang tidak terlibat dalam program doping masih diperbolehkan berkompetisi sebagai perwakilan Komite Olimpiade Rusia, meski mereka tidak boleh mengenakan bendera Rusia atau mendengar lagu kebangsaan mereka pada upacara medali.

4 dari 6 halaman

5. Nama-Nama Para Peraih Medali Emas

Jas Tim Australia pada upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 dilapisi dengan nama setiap peraih medali emas Olimpiade Australia. Seragam yang dirancang Sportscraft ini menampilkan nama-nama dari 320 peraih medali emas Olimpiade.

5 dari 6 halaman

6. Belanda dalam Bahasa Jepang

Tim senam putri Belanda mengenakan baju ketat dengan tulisan sebagai penghormatan kepada negara tuan rumah Olimpiade Tokyo. Seragam hitam, putih, dan oranye memiliki "オランダ" yakni kata Jepang untuk Belanda tertulis di bagian depan, seperti dilaporkan Meredith Cash dari Insider. Setiap huruf oranye dihadirkan dengan warna putih dan dihiasi dengan rhinestones oranye.

6 dari 6 halaman

Infografis Olimpiade Tokyo 2020