Sukses

Ampuh, Ini 4 Cara Mencegah Pakaian Luntur

Liputan6.com, Jakarta Saat mencuci pakaian tak jarang membuat baju luntur atau warnanya pudar. Alhasil, baju kesayangan sudah tak bisa digunakan lagi. Hal itu mungkin karena kurang cermat saat mencuci baju. Maka dari itu, kamu bisa memperhatikan beberapa kondisi dalam mencuci pakaian.

Cermati Label pada Baju

Biasanya pada baju terdapat label di area leher. Label ini memberikan informasi tentang cara merawat baju tersebut. Periksa label itu, apakah baju boleh dicuci menggunakan mesin cuci atau sebaliknya.

Jangan Mencuci di Mesin Cuci Terlalu Penuh

Menjejali mesin cuci dengan pakaian memang menghemat waktu karena kita tidak perlu berkali-kali mencuci. Tapi ini adalah cara yang tidak benar karena kinerja mesin cuci juga akan tidak maksimal.

Dengan begitu, maka hasil cucian juga tidak akan maksimal. Tentunya lebih baik mencuci berkali-kali daripada hasil cucian tidak maksimal. Jadi, selalu perhatikan jumlah pakaian yang telah kamu masukkan ke mesin cuci sebagai cara mencuci baju yang benar.

Cuci dengan Air dingin

Beberapa jenis pakaian yang terbuat dari bahan tertentu memang disarankan untuk dicuci menggunakan air panas atau air hangat. Tapi, jika kamu ingin mempertahankan warna, sebaiknya gunakan air dingin karena warna akan awet.

Gunakan Deterjen yang Tepat

Ada beberapa produk deterjen atau pelembut pakaian yang juga bisa membuat warna pada pakaian tetap terjaga dan awet. Jika menggunakan mesin cuci, pastikan kamu mengatur kecepatan dan waktu dengan tepat, biasanya akan ada petunjuk tertentu pada deterjen dan mesin cuci.

Banyak merek sabun deterjen yang tersedia di pasaran, di antara banyaknya merk deterjen tersebut ada merk deterjen favorit yang memiliki sejumlah keunggulan. Kamu bisa memilih deterjen yang menggunakan formula yang aman dan lembut di tangan.

 

(*)