Sukses

8 Tips Jadi Produktif ala Raditya Dika, dari Bikin Catatan Hingga Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi bukan alasan untuk tidak produktif. Tapi, tidak semua orang bisa menjadi sosok demikian. Untuk itu, Raditya Dika membagikan tips menjadi produktif.

Melalui video unggahan di kanal YouTube Raditya Dika pada 11 Juli 2021, pria berusia 36 tahun itu membagikan rahasia tetap produktif walaupun di masa pandemi Covid-19.

"Masing-masing orang punya cara kerja sendiri, tapi ini adalah apa yang saya lakukan dan cocok di diri saya, siapa tau cocok juga dengan kalian," kata Raditya Dika dalam video berdurasi tujuh menit itu. Berikut delapan tips jadi produktif ala Raditya Dika.

1. Membuat Catatan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat catatan. Buatlah list kegiatan dalam sehari yang diurutkan berdasarkan prioritas. Dengan adanya catatan harian, Anda mempunyai tanggung jawab lebih untuk mengerjakannya. Sebaliknya, tanpa catatan harian, seseorang cenderung menunda-nunda pekerjaan sampai lupa menggarapnya. 

"Jangan ragu untuk catat hal-hal kecil karena buat orang yang suka lupa seperti saya ini membantu banget," terangnya.

2. Kerjakan Hal Kecil

Hal ini merupakan kegiatan terpenting dalam menjadi produktif. Jika pekerjaan besar bisa dibagi menjadi beberapa pekerjaan kecil, akan terasa lebih ringan dan mudah. Pasalnya, orang cenderung sudah malas membayangkannya ketika mendapatkan tugas besar.

"Jadi fokus ke hal-hal kecil aja jangan memikirkan yang besar dulu karena pekerjaan besar yang dicicil akan lebih cepat selesai ketimbang perkejaan besar yang dibayangin doang betapa susah ngerjainnya," jelas Radit.

3. Banyak Proyek

Banyak orang bilang kalau mengerjakan sesuatu fokus ke satu proyek saja. Tetapi, berbeda dengan Raditya Dika yang menggarap banyak proyek secara bersamaan namun dikerjakannya sepenggal-sepenggal. Dalam sehari, ia bisa membagi waktu untuk mengerjakan naskah film selama satu satu jam, ditambah menulis konten YouTube selama satu jam.

Radit menyebut dalam hari yang sama,  setiap proyek ada progresnya. "Saya orangnya bosenan, jadi ini cukup membantu saya untuk tetap fokus kepada hal yang perlu dikerjakan sampai selesai. Kalau mau pakai cara seperti ini, ingat untuk jangan meninggalkan apa yang kalian sudah mulai," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

2 dari 4 halaman

4. Bersenang-Senang

Selanjutnya jangan lupa untuk bersenang-senang. Anda bisa melakukan hal yang disukai, agar bisa lebih semangat untuk mengerjakan tugas selanjutnya tanpa beban.

"Rahasianya adalah kombinasi waktu main dan kerja untuk mendapatkan keseimbangan di sana, kalau bermain game kelamaan pasti ada semacam panggilan untuk balas dendam balik ngerjain proyek dan biasanya menjadi lebih semangat," kata suami dari Anissa Aziza ini.

5. Jam Spesifik

Dalam menjadi produktif Anda harus mempunyai jam spesifik. Artinya, Anda harus punya satu waktu yang benar-benar dipakai untuk kerja. Raditya Dika biasanya setiap bangun tidur langsung ke depan komputer untuk mengerjakan hal terpenting.

"Buat pekerja kreatif yang enggak ada jam kerja. Kalau tidak ada jam spesifik, kadang-kadang malah enggak dikerjain karena ditunda terus. Punya jam spesifik adalah tanda komitmen kita pada pekerjaan," kata pemilik nama asli Dika Angkasaputra Moerwani Nasution ini.

6. Kurangi Hal Tidak Penting

Tips selanjutnya adalah kurangi hal yang tidak penting dalam hidup. Anda diharuskan fokus pada pekerjaan yang penting untuk mencari ide atau gagasan kreatif.  Kalau melakukan meeting atau bertukar pikiran yang belum ada pembahasannya, hal tersebut hanya membuang-buang waktu produktif Anda.

3 dari 4 halaman

7. Delegasikan Tugas

Tips selanjutnya adalah delegasi yang merupakan penyerahan sebagian tugas ke orang lain. Cara ini untuk membagikan waktu dan tugas bersama tim kerja Anda.

Jadi, pekerjaan yang bersifat teknis seperti mengedit, mencari ide, dan menulis bisa didelegasikan ke orang lain. Dengan begitu, Anda mempunyai waktu untuk memikirkan hal yang lebih strategis.

8. Olahraga

Olahraga termasuk kegiatan yang penting dilakukan agar Anda tetap produktif. Raditya Dika menjelaskan, hal ini sangat penting karena metode ini menghasilkan proyek. Ia suka olahraga jenis kardio yang dilakukan di ruang gym di rumahnya.

"Ketika olahraga, biasaya saya suka ngelamun, memikirkan berbagai macam proyek, karena kadang kalau badan sembari bergerak dan pikiran melayang. Dapat aja gitu inspirasinya," jelas ayah dua anak ini.  (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah