Sukses

Nugget BTS Meal Diklaim Mirip Jungkook Dijual Rp500 Ribuan

Liputan6.com, Jakarta - Euforia kehadiran menu kombo kolaborasi McDonald's X BTS, BTS Meal, masih berlanjut. Salah satu bahasannya masih tentang item yang dijual secara terpisah di jagat maya.

Setelah McNugget dari BTS Meal yang menyerupai crewmate Among Us terjual 99.997 dolar Amerika Serikat (AS) (Rp1,4 miliar), muncul lagi iklan nugget dari menu kombo tersebut. Tapi, kali ini diklaim menyerupai salah satu member grup tersebut, yakni Jungkook BTS, lapor Koreaboo, Jumat (25/6/2021).

Di Carousell, seorang penjual telah mengunggah BTS Meal seharga 50 dolar Singapura (Rp539 ribu). Harganya lebih mahal karena, seperti dijelaskan penjual, "Sangat jarang karena salah satu nugget-nya terlihat seperti Jungkook.”

Penjual bahkan menyertakan gambar McNugget yang dikatakan menyerupai golden maknae BTS dengan dilingkari. Pengguna Reddit pun tercengang dengan klaim tersebut.

Mereka memperdebatkan apakah McNugget memiliki kemiripan dengan Jungkook atau penjualnya mengunggah itu untuk sekadar bercanda. "Saya sedih Jungkook disamakan dengan bentuk nugget. Bukankah mereka semua terlihat seperti sepatu boot?" tulis salah satunya.

"Saya bahkan tidak tahu siapa Jungkook, tapi nugget itu tidak mirip figur manusia sama sekali," sambung yang lain. "Satu-satunya kesamaan mereka adalah golden," imbuh seorang pengguna.

2 dari 5 halaman

Bermunculan Secara Online

Seperti telah disinggung, McNugget bukan satu-satunya komponen BTS Meal yang dijual terpisah. Bahkan sebelum rilis di Indonesia pada 9 Juni lalu, mulai dari kemasan, sampai saus dari menu kombo itu telah dijual online di berbagai negara.

Masih di Carousell, para penjual menjajakan komponen BTS Meal secara terpisah, dan dibanderol sampai 500 dolar Singapura (Rp5,4 juta), menurut laporan Mothership. Satu penjual di situs jual-beli barang baru maupun bekas itu menawarkan satu set kemasan BTS Meal seharga 40 dolar Singapura (Rp431 ribu), dan dua set senilai 70 dolar Singapura (Rp755 ribu).

Penjual ini juga mengklaim bahwa kemasannya langsung dikirim dari Korea Selatan yang telah merilis BTS Meal sejak 27 Mei 2021. Sementara, penjual lain menjual kantong kertas BTS Meal seharga 20 dolar Singapura (Rp216 ribu). Kemudian, ada juga yang menjual saus Cajun dan Sweet Chili dari kombo tersebut seharga 500 dolar Singapura (Rp5,4 juta).

Menanggapi penjualan item BTS Meal, Carousell sempat mengimbau untuk tidak mematok harga yang "memeras" dalam sebuah unggahan Instagram. Pihaknya menuliskan, "Kami mendukung BTS dan harga yang wajar. PS: menghitung mundur sampai 21 Juni juga."

3 dari 5 halaman

Berujung Pengumpulan Donasi

BTS Meal juga mengakibatkan gelombang penumpulan donasi bagi driver ojek online di Indonesia. Itu dilakukan untuk mengapresiasi para driver yang telah berjuang mengantre BTS Meal, bahkan sampai berjam-jam lamanya.

Dalam jumpa pers virtual, Kamis, 24 Juni 2021, perwakilan BTS ARMY Indonesia, Adzhani Adhari, mengatakan, awalnya mereka menargetkan donasi senilai Rp10 juta. Tapi, dalam waktu 24 jam, sudah berhasil mengumpulkan Rp85 juta.

"Sampai akhir donasi (13 Juni 2021), sudah terkumpul Rp262 juta," ucapnya. BTS ARMY Festa, Vionica Alesandra, menyambung bahwa mereka tidak menyangka inisiasi tersebut akan disambut sangat hangat.

"Enggak cuma ARMY Indonesia, pihak lain juga berpartisipasi. Banyak sekali orang di luar sana yang ternyata mau mengapresiasi mitra driver," ucapnya.

4 dari 5 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari COVID-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: