Sukses

6 Menu Pendamping Ketupat Agar Lebih Variatif di Hari Lebaran

Ada beberapa menu atau lauk yang bisa dikombinasikan dengan ketupat Lebaran, dan rasanya tak kalah enak.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tinggal menghitung hari lagi. Umat muslim di Indonesia mulai sibuk menyiapkan beragam masakan untuk Lebaran. Salah satu makaman yang wajib dihidangkan adalah ketupat.

Ketupat umumnya terbuat dari beras dan dibungkus daun janur. Ketupat biasanya dimakan dengan beberapa sayur atau lauk. Rasa ketupat yang hambar dengan tekstur padat, paling nikmat dimakan dengan makanan berbumbu kuat. Yang paling umum adalah disantap dengan opor ayam, gulai sayuran, semur daging atau ayam.

Meski begitu, ada olahan atau menu lain yang bisa dikombinasikan dengan ketupat dan rasanya tak kalah enak. Dilansir dari beragam sumber, ada enam makanan pendamping ketupat yang bisa jadi alternatif di momen Lebaran.

1. Soto Ayam/Daging

Soto ayam atau soto daging tak hanya nikmat disantap dengan nasi. Soto juga bisa disantap dengan ketupat. Kuah hangat yang gurih sangat nikmat dimakan bareng ketupat bertekstur padat.

2. Tahu Telur

Tak harus gulai atau opor, ada menu sederhana yang cocok dipadukan dengan ketupat. Perpaduan tahu yang digoreng dengan telur sangat nikmat dimakan bareng ketupat. Disiram bumbu kacang, membuat perpaduan makanan ini makin nikmat.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bakso Kuah

Bakso kuah tak hanya nikmati disajikan dengan mi atau soun. Bakso pun bisa dinikmati bersama ketupat. Kuahnya yang segar membuat santapan ketupat menjadi lebih mantap, apalagi kalau dihidangkan lengkap dengan sambal dan sausnya.

Cukup potong ketupat jadi kecil dan santap dengan kuah bakso yang gurih. Jangan lupa taburkan bawang goreng agar lebih nikmat. Untuk resep baksonya, Anda dapat membuat bakso daging, bakso urat, maupun bakso ayam.

4, Pecel

Meski identik dimakan bareng nasi, pecel juga cocok dimakan dengan ketupat. Perpaduan ketupat, bumbu kacang, sayur segar, rempeyek dan gorengan dijamin bikin lidah bergoyang.

3 dari 4 halaman

5. Sambal Goreng Krecek

Sambal goreng krecek tak hanya cocok disajikan bersama gudeg. Beberapa daerah di Yogyakarta dan Jawa Tengah, biasanya menyajikan sambal goreng krecek untuk hari spesial, termasuk Lebaran. Krecek sendiri merupakan kulit sapi yang dikeringkan.

Selain sambal goreng krecek, ada juga yang membuat sambal goreng bola daging untuk sajian Lebaran. Sambal goreng krecek juga pas disajikan dengan ketupat.dan dipadukan dengan opor.

6. Sayur Lodeh

Sayur lodeh sepertinya termasuk makanan kesukaan banyak orang. Sayur yang khas dengan bumbu santan dan rasa pedas ini cocok jadi makanan pendamping ketupat Lebaran. Makin enak rasanya kalau ditambah kerupuk dan taburan bawang goreng.

4 dari 4 halaman

Tren Hantaran Lebaran Kekinian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.