Sukses

6 Cara Sederhana agar Rumah Bersih dan Rapi Saat Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta - Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat Ramadhan, selain menyiapkan hidangan berbuka puasa atau untuk sahur, salah satunya membersihkan rumah. Sebagai tempat tinggal, rumah harus bersih dan rapi agar anggota keluarga tetap nyaman dan sehat.

Untuk membuah rumah tampak bersih dan rapi, tapi perlu menguras energi yang berlebihan. Ada sejumlah cara sederhana yang bisa diterapkan agar rumah benar-benar terlihat bersih dan rapi.

Berikut Liputan6.com merangkum enam cara sederhana agar rumah tampak bersih dan rapi dari berbagai sumber, Rabu, 14 April 2021.

1. Letakan Kembali Setelah Digunakan

Cara ini sangat berguna diterapkan, termasuk saat bulan Ramadan. Apabila menaruh barang-barang secara sembarangan rumah tentu barang-barang akan berserakan dan menumpuk. 

Menaruh barang kembali pada tempatnya dapat memudahkan Anda untuk menemukan barang tersebut saat diperlukan. Barang yang sangat rentan seperti tas, kunci, dan dompet sangat mudah terlupa sehingga Anda akan kerepotan mencarinya sehingga bisa membuat rumah menjadi berantakan.

2. Lakukan Hal Ringan Sesering Mungkin

Cara selanjutnya yaitu melakukan hal ringan sesering mungkin seperti mencuci piring, meletakan baju kotor pada keranjang pakaian, dan menaruh buku kembali ke rak buku. Di bulan Ramadan waktu yang tepat untuk mencuci piring sebaiknya dilakukan setelah sahur, karena tubuh masih berenergi.

Jangan menunda-nunda waktu cuci piring  agar tidak menumpuk sehingga muncul rasa malas untuk membersihkannya. Selain itu, jangan sembarang menaruh pakaian kotor karena mengakibatkan ruangan menjadi tidak rapi. Lakukan hal kecil tersebut sesering mungkin agar membuat rumah Anda tampak bersih dan rapi.

2 dari 4 halaman

3. Buang Barang yang Tidak Dibutuhkan

Kebiasaan sebagian orang tidak mau membuang barangyang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga bisa memenuhi rumah. Jika ada barang-barang yang sudah tidak digunakan alangkah baiknya disimpan digudang atau dijual atau juga diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Selain rumah tampak rapi dan bersih, Anda juga mendapatkan uang ketika menjual barang yang sudah tidak dipakai. Uang tersebut bisa digunakan untuk membeli kebutuhan harian ketika puasa atau menabung untuk membeli pakaian baru untuk Idul Fitri.

4. Atur Sirkulasi Ruangan

Ketika Anda bangun di pagi hari atau ketika sahur biasakan untuk membuka jendela kamar atau ruang tamu agar sirkulasi udara dapat tetap terjaga dengan baik. Biasanya hal tersebut sering diabaikan, akan tetapi, cara ini akan dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang terkumpul di kamar atau ruang tamu saat malam hari.

5. Libatkan Orang di Rumah

Apabila Anda sudah berkeluarga libatkanlah orang rumah untuk membantu bersih-bersih. Cara ini sangat efektif untuk meringankan membersihkan rumah secara bersama-sama. Jangan lupa memberi tugas sesuai kemampuan masing-masing.

Selain bisa rumah bersih dan rapi, tapi juga bermanfaat melatih anggota keluarga bertanggung jawab terhadap kebersihan dan bergotong-royong. Dengan melibatkan anggota keluarga, maka akan meringankan aktivitas bersih-bersih di rumah.

6. Memakai Peralatan Masak yang Dibutuhkan

Memasak adalah kegiatan yang wajib untuk membuat menu hidangan makanan berbuka dan sahur. Ketika memasak pastikan menggunakan yang dibutuhkan saja karena akan memudahkan untuk membersihkan atau mencucinya. Jika menggunakan peralatan masak yang berlebihan dapat membuat ruangan dapur kotor dan berantakan. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Bantuan DP Rumah Pekerja Informal

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: