Sukses

7 Makanan Terburuk yang Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

Liputan6.com, Jakarta Rambut yang sehat, kuat dan berkilau diinginkan baik oleh pria maupun wanita. Rambut indah tidak hanya tentang menggunakan produk perawatan rambut yang mahal. Sama seperti kulit, rambut yang sehat juga menjadi indikator tubuh mendapatkan asupan makanan sehat dan bergizi.

Banyak orang mengetahui bahwa stres dan polusi mendatangkan malapetaka pada rambut kita, namun yang tidak kita sadari adalah bahwa makanan tertentu juga berkontribusi terhadap masalah rambut rontok dan penipisan rambut. Meskipun umumnya orang-orang mengaitkan masalah rambut dengan stres dan genetika, faktor lain yang mengejutkan adalah pola makan seseorang.

Pola makan yang buruk dapat memperburuk kondisi rambut, atau dapat mempercepat kerontokan rambut. Mari kita lihat makanan yang harus kamu hindari demi rambut sehat dan berkilau.

1. Konsumsi gula berlebih

Ya, ancaman gula itu sama buruknya dengan rambut kamu dan juga kesehatan secara keseluruhan. Penelitian telah menunjukkan bahwa resistensi insulin, yang menyebabkan diabetes dan obesitas, juga dapat membuat kamu kehilangan rambut atau bahkan menyebabkan kebotakan baik pada pria maupun wanita. Dan faktor nomor satu di balik resistensi insulin adalah diet tinggi gula, pati, dan karbohidrat olahan.

2. Makanan Indeks Glikemik Tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan yang menyebabkan lonjakan insulin. Seperti tepung olahan, roti dan gula. Makanan ini dapat membuat ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan lonjakan insulin dan androgen yang mengikat folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

 

2 dari 3 halaman

3. Alkohol

Rambut terbuat dari protein, yang disebut keratin. Keratin adalah protein yang memberi struktur pada rambut kamu. Alkohol berdampak negatif pada sintesis protein dan dapat menyebabkan rambut semakin lemah dan tidak berkilau. Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi, yang dapat menyebabkan kematian folikel.

4. Soda Diet

Soda diet mengandung pemanis buatan yang disebut aspartam, yang menurut peneliti dapat merusak folikel rambut. Jika kamu mengalami kerontokan rambut belakangan ini, sebaiknya hindari soda diet sepenuhnya.

5. Junk Food

Junk food sering kali sarat dengan lemak jenuh dan tak jenuh tunggal yang tidak hanya membuat kamu menjadi gemuk dan menimbulkan penyakit kardiovaskular, tapi juga bisa membuat rambut kamu rontok.

Pola makan yang kaya SFA dan MUFA dapat meningkatkan kadar testosteron yang berpotensi meningkatkan kadar hormon Dihydrotestosterone atau DHT juga. DHT adalah androgen yang berhubungan dengan alopecia. Selain itu, makanan berminyak dapat membuat kulit kepala kamu berminyak dan dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan miniaturisasi folikel rambut.

 

3 dari 3 halaman

6. Telur Mentah

Putih Telur memang bagus untuk rambut tetapi tidak boleh dikonsumsi mentah. Putih telur mentah dapat menyebabkan kekurangan biotin, vitamin yang membantu produksi keratin. Avidin yang ada dalam putih telur mentah yang bergabung dengan biotin dan menghalangi penyerapan ususnya.

7. Ikan Berkadar Merkuri

Kadar merkuri yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok secara tiba-tiba. Sumber paparan merkuri yang paling umum adalah ikan karena konsentrasi metil-merkuri dalam ikan telah meningkat selama beberapa dekade terakhir karena perubahan iklim dan penangkapan ikan yang berlebihan. Ikan air laut seperti ikan todak, mackerel, hiu, dan beberapa jenis tuna kaya akan merkuri. Jadi, hati-hati dengan olahan ikan itu juga kamu sedang mengalami rambut rontok.

Setelah pola makanan yang sehat dan bergizi bagi rambut, langkah selanjutnya tetap gunakan shampo yang tepat untuk mendapatkan rambut bebas rontok, sehat, dan berkilau. Gunakan Anti-Hairfall yang diformulasikan khusus dengan NUTRIUM 10 yaitu perpaduan nutrisi, vitamin, mineral, dan ekstrak tumbuhan.

Formula pada shampo Anti-Hairfall ini berfungsi menutrisi kulit kepala secara menyeluruh dan mendalam. Shampo ini mengembalikan nutrisi paling penting pada rambut sehingga kesehatan kulit kepala dan rambut pun terjaga.

 

(*)