Sukses

Santainya Kawanan Gajah Liar Minum di Kolam Renang Lodge Mewah

Meski di seberang kolam renang ada salah seorang staf lodge, gajah-gajah ini cukup tenang membawa anak mereka untuk minum.

Liputan6.com, Jakarta - Tak lagi bisa menahan panas yang mencapai suhu 38 derajat celcius, kawanan gajah liar dengan santai menyejukkan diri, bahkan minum di kolam renang sebuah lodge mewah. Lebih tepatnya, melansir laman The Sun, Kamis, 11 Maret 2021, akomodasi itu bernama Bukela Game di Amakhala Game Reserve, Afrika Selatan.

Momen menakjubkan ini diabadikan seorang staf lodge, Paul Andrew Schofield. Para gajah tampaknya cukup percaya pada Schofield, yang telah bekerja di sana selama 10 tahun, untuk membawa anak mereka ke dekat kolam renang.

Kawanan gajah ini bahkan membiarkan pria 39 tahun tersebut mengambil gambar mereka, termasuk gajah jantan besar yang muncul dari semak untuk menikmati sejuknya air kolam. "Saya merasa sangat tersentuh bahwa kawanan itu merasa cukup aman untuk membawa anak-anak begitu dekat ke kolam saat saya berada di sana," tuturnya.

Biasanya, sambung Schofield, ibu gajah sangat protektif dan akan menjauhkan anak-anak dari makhluk asing. "Mereka seperti merasa cukup aman dan sangat santai minum dengan kehadiran saya di sana, hampir seperti berpikir saya telah memberi mereka izin untuk melakukannya," kata Schofield.

"Saya menyukai setiap menit dari perilaku yang mereka tunjukkan. Mereka bermain-main dan terlihat sangat gembira. Itulah yang saya lihat saat berbaring di sisi berlawanan dari kolam," ujarnya. Sebelum Schofield mulai menangani gajah, perilaku mereka sangat berbeda.

"Saya telah melakukan kontak dengan kawanan gajah ini selama satu dekade terakhir karena mereka berperilaku buruk di sekitar penginapan dan tamu," Schofield menjelaskan. "Tidak dengan cara yang mengancam nyawa, hanya merusak karena ukuran tubuh mereka."

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanamkan Isyarat Sosial

Selama interaksi tersebut, si staf lodge menyebut, dirinya telah menanamkan isyarat sosial dan memasang batasan untuk kawanan gajah. "Hanya dengan hadir dan mengomunikasikan batasan kami dengan sikap hormat," tuturnya.

"Khususnya di sekitar kolam renang, saya memastikan bahwa saya ada di sekitar saat mereka di sana, untuk mendidik para tamu, tapi juga berinteraksi dengan kawanan dan menunjukkan pada mereka kapan bisa minum air dari kolam dengan aman,” imbuh Schofield.

Alhasil, gajah terlihat di penginapan setiap tiga hingga empat hari sekali, menikmati air dari kolam yang diyakini sebagai sumber air terbaik mereka di daerah tersebut.

 

3 dari 3 halaman

5 Tips Cegah COVID-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.