Sukses

8 Manfaat Buah Duku, Sumber Antioksidan sampai Cegah Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta - Ada sederet buah musiman di Indonesia, salah satunya adalah buah duku. Buah duku yang berbentuk bulat ini terasa manis jika memetiknya saat matang sempurna di pohon.

Buah duku ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat itu? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Steemit, Selasa, 9 Maret 2021, berikut ini.

1. Sumber antioksidan

Buah duku mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan itu berfungsi menghindarkan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang masuk ke tubuh manusia lewat polusi dan zat beracun.

2. Mencegah penuaan dini

Salah satu akibat radikal bebas adalah penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam buah duku bisa melindungi tubuh protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan akibat polusi atau racun.

3. Memperkuat gigi

Buah duku berkhasiat memperkuat gigi, karena mengandung fosfor di dalamnya. Manfaat fosfor dalam duku juga akan lebih optimal dengan mengonsumsi stroberi.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah duku sangat kaya vitamin C yang dibutuhkan setiap tubuh orang untuk menjaga kesehatan. Kandungan pada vitamin C pada buah ini berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan.

5. Menurunkan berat badan

Buku duku tidak disangka bisa membantu menurunkan berat badan. Buah ini mengandung karnitin yang berfungsi mengubah lemak menjadi energi dalam tubuh. Jika kandungan karnitin berkurang, akan terjadi penumpukan lemak.

6. Menjaga kesehatan kulit

Buah duku juga mengandung vitamin E. Vitamin ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, seperti menjaga kelembapan kulit, membantu menyembuhkan luka, dan menjaga kulit dari sinar UV.

3 dari 5 halaman

7. Mengatasi diare dan demam

Buah duku sangat berkhasiat efektif untuk mengobati diare dan juga bermanfaat menurunkan panas atau demam tinggi. Caranya cukup mudah, yaitu ambil biji buah duku, lalu tumbuk hingga halus. Rebus bersama air, minum sehari sekali untuk menyembuhkan diare.

8. Melancarkan sistem pencernaan

Buah duku kaya akan serat sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi serat yang cukup dipahami bisa mencegah penyakit kanker di saluran pencernaan. (Muhammad Thoifur)

4 dari 5 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: