Sukses

Sosok Misterius Sumbang 3 Sekolah di Jepang Senilai Rp4 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Tiga sekolah di Kota Nara, Jepang, kedatangan tamu mengejutkan. Tamu misterius tersebut lelaki yang diperkirakan berusia 70 tahun.

Kepada masing-masing staf sekolah, ia menyerahkan kantong plastik berisi uang sebesar 10 juta Yen atau Rp1,3 miliar. Total uang tersebut sebesar 30 juta Yen atau setara Rp4 miliar.

"Tolong gunakan ini untuk anak-anak," ujar lelaki itu kepada staf sekolah, seperti dilansir dari Japan Today, Senin, 1 Maret 2021.

Sekolah yang ia datangi, mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). Staf sekolah berusaha mengikuti pria itu, tetapi tidak berhasil menemukannya.

Uang tersebut kini berada di tangan Dewan Pendidikan Kota Nara, di mana mereka akan menggunakannya untuk kegiatan pendidikan di sekolah. Identitas lelaki misterius tersebut masih belum diketahui, tetapi tindakan seperti ini sangat jarang ditemui di Jepang.

Di Kota Nara, peristiwa tersebut bukan kali pertama donasi anonim diberikan. Pada Desember 2020, sumbangan lain diberikan sebear 30 juta Yen untuk pencegahan Covid-19.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Pertama

Meskipun tidak ada yang tahu pasti, Dewan Pendidikan Kota Nara percaya bahwa itu adalah orang yang sama. Hal itu membuat warganet terpesona dengan kemurahhatian lelaki tua itu.

“Orang tua yang hebat. Saya tidak yakin apa motifnya melakukan itu, tapi saya berharap uang itu digunakan dengan cara yang menguntungkan semua orang," tulis warganet.

“Kalau mau berdonasi harusnya dilakukan dengan prosedur formal. Dia bisa saja melakukan ini untuk menghindari bayar pajak," kata warganet lain.

 
3 dari 4 halaman

Naruhito Kaisar Baru Jepang

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: