Sukses

3 Resep Hotteok untuk Obati Kangen Jajan Street Food Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Seperti kebanyakan negara di Asia, kultur kuliner Korea Selatan juga tak lepas dari street food. Dengan begitu banyak pilihan, termasuk hotteok, wajar bila ragam kuliner kaki lima ini kemudian lumrah jadi incaran para turis.

Namun, karena perbatasan pergerakan akibat pandemi COVID-19, menyantap ragam sajian menggiurkan langsung di negara asalnya harus sebentar Anda tahan. Sebagai ganti, Anda bisa memboyong sensasi icip-icip jajanan kaki lima Korea Selatan di rumah.

Dari berbagai opsi, ada satu yang tak ingin Anda lewatkan, yakni hotteokPancake ala Korea ini menjelma jadi sajian yang cocok disantap di udara sudah mulai sering hujan seperti sekarang. Terlebih, ada berbagai resep yang bisa Anda coba.

Tiga di antaranya dibagikan kanal YouTube Aaron and Claire pada 17 Februari 2021. Opsi hotteok-nya meliputi Classic Hotteok, Vegetable Hotteok, dan Potato Cheese Hotteok. Sebelumnya, Anda harus membuat adonan hotteok lebih dulu.

Adonan Hotteok

Bahan-bahan: (7 porsi)

300 gram tepung roti

Mentega tawar

Susu murni

6 gram ragi kering instan

Air hangat

Gula pasir

Garam

Minyak goreng

Langkah Pembuatan:

1. Masukkan 6 gram ragi kering instan ke dalam mangkuk. Tambahkan 220 ml air hangat, 30 ml susu murni, dan 30 gram gula pasir, aduk rata. Tutup adonan dan diamkan selama 10 menit.

2. Ayak 300 gram tepung roti dalam mangkuk terpisah. Tambahkan 4 gram garam, aduk rata.

3. Tambahkan 20 ml minyak goreng dan 15 gram mentega cair. Pastikan untuk mendinginkan campuran bahan sebelum Anda menambahkannya.

4. Tuang perlahan bahan basah ke dalam tepung dan campur semuanya dengan spatula selama kurang lebih lima menit.

5. Tutup campuran adonan dan bawa ke tempat dengan suhu terhangat di ruangan. Tunggu hingga adonan hotteok mengembang, tapi jangan biarkan terlalu lama.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 6 halaman

Classic Hotteok

Bahan-bahan:

Kacang kenari

Kacang almond

Biji bunga matahari

Gula merah

Bubuk kayu manis

Tepung serbaguna

Minyak goreng

Langkah Pembuatan:

1. Potong beberapa kacang kenari dan almond. Masukkan semua kacang ke dalam mangkuk. Tambahkan lima sendok makan gula merah, tiga gram bubuk kayu manis, setengah sendok makan tepung serbaguna, dan campur semuanya.

2. Basahi tangan Anda dengan sedikit minyak dan ambil sedikit adonan. Regangkan dengan lembut dan buat jadi rata. Tambahkan isian ke adonan Anda dan tutup rapat. Ulangi ini dengan sisa adonan.

3. Masukkan sedikit minyak ke dalam wajan dan nyalakan api dengan api kecil. Saat minyak sudah panas, masukkan 1--3 adonan ke dalam wajan. Setelah bagian bawah berubah jadi cokelat keemasan, balik dan tekan dengan spatula.

4. Setelah berubah jadi cokelat keemasan di kedua sisi, angkat adonan. Jika ingin menyajikannya seperti street style, Anda bisa menaruhnya di paper cup.

3 dari 6 halaman

Vegetable Hotteok

Bahan-bahan:

Beli japchae jadi 

Minyak goreng

Langkah Pembuatan:

1. Basahi tangan Anda dengan minyak goreng dan ambil sedikit adonan. Regangkan dan tambahkan japchae ke atas adonan. Pastikan untuk menutupnya dengan erat. Ulangi ini dengan sisa adonan.

2. Masukkan sedikit minyak ke dalam wajan dan nyalakan api dengan api kecil. Saat minyak suda panas, masukkan 1--3 adonan ke dalam wajan. Setelah bagian bawah berubah jadi cokelat keemasan, balik dan tekan dengan spatula.

3. Setelah warnanya jadi cokelat keemasan di kedua sisinya, letakkan di atas piring saji.

4 dari 6 halaman

Potato Cheese Hotteok

Bahan-bahan:

400 gram kentang

Keju parut

Tepung kentang atau tepung jagung

Garam

Lada hitam

Minyak goreng

Langkah Pembuatan:

1. Potong kecil-kecil 400 gram kentang, dan taruh dalam mangkuk. Tambahkan dua sendok makan air. Tutupi dengan bungkus plastik, dan masukkan ke dalam microwave selama enam menit.

2. Hancurkan kentang. Tambahkan tiga sendok makan tepung kentang atau tepung jagung, setengah sendok teh garam, lada hitam secukupnya, lalu aduk rata.

3. Ambil campuran kentang. Tambahkan keju apa pun yang Anda suka dan tutup rapat. Jadikan datar. Ulangi ini dengan sisa adonan.

4. Masukkan sedikit minyak ke dalam wajan dan letakkan di atas api sedang-rendah. Saat minyak sudah panas, masukkan 1--3 adonan ke dalam wajan. Setelah warnanya cokelat keemasan di kedua sisi, letakkan di atas piring saji.

5 dari 6 halaman

Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: