Sukses

Pat McGrath Jadi Makeup Artist Pertama yang Terima Gelar Kehormatan Kerajaan Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Daftar New Years Honors Ratu Elizabeth II telah secara resmi dirilis. List tahunan itu sendiri, melansir laman Vogue US, Jumat (1/1/2021), memuat sederet tokoh masyarakat dan budaya penerima penghargaan tertinggi Kerajaan Inggris atas jasa mereka pada negara.

Bagi para penggemar mode dan kecantikan, ada satu nama yang menonjol, yakni Dame Pat McGrath. Ini membuatnya jadi makeup artist pertama yang menerima damehood. Catatan prestasi McGrath pun bukan daftar yang pendek.

Di antaranya, ia terkenal karena kolaborasi yang telah lama dilakukan dengan fotografer Steven Meisel, di mana menghasilkan beberapa citra mode paling ikonis sepanjang masa. Juga, karyanya di runway untuk beberapa nama populer, seperti John Galliano, Alexander McQueen, Marc Jacobs, dan Miuccia Prada.

"Saya benar-benar senang dan rendah hati diberi kehormatan yang luar biasa ini," kata McGrath tentang menerima gelar itu. "Obsesi ibu saya pada kecantikan dan mode memicu hasrat saya untuk industri yang luar biasa ini, dan saya merasa diberkati memiliki hak istimewa untuk bekerja dengan beberapa orang paling luar biasa sepanjang karier saya."

Lahir pada 1970 di London dari seorang ibu tunggal dan generasi pertama imigran Jamaika, perjalanan McGrath untuk jadi pusat kekuatan kecantikan dimulai pada era 1980-an. Kala itu, ia mendapati dirinya tenggelam dalam kehidupan malam kota yang penuh warna, mengambil inspirasi dari Blitz Kids dan New Romantics.

Di sinilah ia bertemu dengan beberapa tokoh yang kemudian jadi kolaborator kunci sepanjang hidupnya, termasuk stylist Kim Bowen dan Edward Enninful.

Dalam beberapa dekade sejak itu, Pat McGrath dikenal karena pendekatan eksperimental dan ikonoklastiknya yang berani terhadap kecantikan. Juga, melalui riasan avant-garde-nya untuk pertunjukan couture Dior John Galliano di akhir 1990-an dan 2000-an, di mana ini kemudian jadi yang paling dirujuk sepanjang masa.

2 dari 4 halaman

Pendekatan Lebih Inklusif untuk Fesyen

Pada 2015, Pat McGrath meluncurkan lini kecantikannya sendiri, Pat McGrath Labs, yang dengan cepat jadi salah satu hit di industri dan bernilai 1 miliar dolar Amerika di tahun 2018. Label ini dikenal dengan ragam warna kulit dan palet warna kaleidoskopiknya yang inklusif.

Itu memungkinkan para penggemar dan pengikut McGrath mendekati kecantikan dalam mode ceria dan inventif yang sama seperti penata rias tersebut.

Semangat pemberontak inilah yang telah membuat McGrath menerima beberapa penghargaan tertinggi di industri, termasuk Isabella Blow Award untuk Fashion Creator di British Fashion Awards pada 2017. Juga, dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time pada 2018.

Damehood McGrath diberikan Ratu tak hanya untuk jasanya terhadap fesyen dan kecantikan, tapi juga keberagaman. Di sepanjang karier McGrath, ia secara konsisten memperjuangkan pendekatan yang lebih inklusif untuk fesyen.

Ia tercatat pernah mengerjakan sampul inovatif, seperti Vogue Italia Juli 2008, Black Issue, dan menjadikan pengembangan rangkaian produk kecantikan lebih luas untuk wanita kulit berwarna sebagai pilar inti mereknya.

"Warna di seluruh spektrum adalah karya dan inspirasi hidup saya dan saya merayakan individualitas terutama dengan merek saya Pat McGrath Labs. Jadi, saya sangat tersanjung bahwa penghargaan ini juga untuk keragaman," McGrath menambahkan. "Saya percaya bahwa dengan kreativitas dan ketahanan, ada kemungkinan yang melimpah."

3 dari 4 halaman

Libur Panjang Bebas COVID-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: