Sukses

Rekomendasi 8 Jenis Pohon untuk Meneduhkan Taman Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Taman rumah, terutama selama pandemi, boleh jadi spot favorit untuk bersantai sembari menikmati udara terbuka. Supaya kian nyaman, tentu Anda ingin menghadirkan nuansa teduh di sudut tempat tinggal satu ini. 

Alih-alih menggunakan gazebo yang membuat taman tak lagi terasa alami, pohon bisa jadi solusi terbaik. Ya, ada banyak jenis pohon peneduh yang bisa ditanam di taman rumah.

Selain memberi naungan, keberadaan pohon juga membuat udara lebih segar dan sehat. Berikut beberapa pilihan pohon peneduh yang cocok ditanam di taman rumah, seperti dirangkumkan Arsitag.

1. Ketapang Kencana

Ketapang kencana atau Terminalia mantaly termasuk salah satu pohon peneduh yang tengah populer saat ini. Pohon ini disukai karena karakter bentuk tajuknya yang menyebar ke samping dan berlapis-lapis.

Secara tampilan, ketapang kencana juga sangat cantik. Kehadirannya akan meningkatkan nilai estetika taman rumah dan bangunan.

Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa ketapang kencana jangan ditanam terlalu dekat dengan bangunan, setidaknya berjarak dua hingga tiga meter.

Hal ini dikarenakan selain diameter naungan yang bisa sangat lebar, perakarannya juga bisa merusak struktur bangunan.

2. Spathodea

Pohon bernama latin Spathodea campunalata ini sebenarnya tak umum dijadikan pohon taman rumah. Pohon ini lebih banyak dijumpai sebagai pohon peneduh di pinggir jalan.

Tapi, hal itu bukan berarti spathodea tak cocok untuk dijadikan pohon peneduh di taman rumah. Hanya saja, karena dimensinya yang besar, pohon ini sebaiknya diaplikasikan untuk taman rumah berukuran relatif luas.

Hal yang cukup menarik dari pohon spathodea ialah bunganya yang besar dan berwarna merah terlihat cantik secara visual.

2 dari 5 halaman

3. Liang Liu

Pohon Liang Liu atau Salix babylonica merupakan jenis pohon peneduh yang berkarakter unik. Keunikan itu ada pada tampilan ranting daun yang menjuntai atau seperti lemas layaknya kekurangan air.

Pohon eksotis ini sebenarnya berasal dari dataran Cina Utara, namun sudah banyak dikembangkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Jika menanam pohon ini di taman rumah, Anda wajib memerhatikan penyiramannya karena Liang Liu termasuk pohon yang membutuhkan banyak air.

4. Pohon Lilin

Pohon lilin atau Parmentiera cereifera memang masih sangat asing bagi banyak orang. Keberadaannya di Indonesia juga terbilang jarang, tapi bukan berarti tak ada.

Pohon asal Amerika Selatan ini dinamakan lilin karena memiliki buah yang memanjang seperti lilin. Buahnya berwarna kuning dan tumbuh menjuntai.

Dikatakan cocok sebagai pohon peneduh karena karakternya yang rimbun dengan banyak ranting. Secara dimensi, pohon ini masih cocok ditanam di taman rumah karena tak begitu besar.

3 dari 5 halaman

5. Tabebuya Kuning

Ada beberapa jenis tabebuya yang bisa dibedakan dari bentuk daun dan warna bunganya. Namun, salah satu yang paling lumrah ditemui di taman rumah adalah tabebuya kuning atau Handroanthus chrysotrichus.

Pohon teduh di rumah jadi sangat disukai karena ketika berbunga, bunganya sangat lebat dan terlihat seperti sakura. Di awal penanaman, tabebuya memang tampak tak rimbun. Namun, setelah sekitar satu tahun, daunnya akan sangat rimbun dan jadi pohon peneduh seperti yang diharapkan.

6. Jambu Air

Melestarikan budaya pekarangan nusantara bisa dilakukan dengan menjadikan tanaman buah sebagai pohon peneduh di taman rumah. Salah satu pohon buah yang populer adalah jambu air atau Syzygium aqueum.

Selain jambu air, tersedia pilihan pohon buah berkarakter peneduh yang juga cocok untuk taman rumah, seperti mangga, sawo, dan belimbing wuluh.

4 dari 5 halaman

7. Kamboja Putih

Meski awalnya identik dengan lahan pemakaman, pohon kamboja kini sudah cukup lumrah dipakai sebagai pohon hias di taman rumah. Daya jual dari pohon kamboja selain bunganya, yakni struktur percabangan.

Cabang dan rantingnya secara visual terlihat dramatis sehingga memberi kesan estetik. Pohon kamboja sendiri ada banyak jenisnya dengan perbedaan daun dan warna bunga. Namun, untuk tujuan peneduh, jenis kamboja putih adalah yang paling direkomendasikan.

Kamboja putih memiliki daun cukup besar dan rimbun, sangat pas untuk memenuhi kebutuhan pohon rindang di taman rumah.

8. Kerai Payung

Kerai payung atau Filicum decipiens merupakan spesies asli Asia tropis dan Afrika. Seperti namanya, kerai payung berkarakter tajuk bulat memayung, cocok meneduhkan taman rumah Anda.

Karakter memayung ini didapat dari cabang yang banyak dan lebatnya daun. Istimewanya lagi, kerai payung memiliki daya reduksi tinggi akan timbal kendaraan bermotor, sehingga baik dalam menyerap polusi udara.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: