Sukses

Gli Si Kucing Penunggu Masjid Hagia Sophia Mati di Usia 16 Tahun, Penggemar Berduka

Gli telah tinggal di Hagia Sophia sejak bangunan itu masih berfungsi sebagai museum.

Liputan6.com, Jakarta - Gli, kucing terpopuler penunggu masjid Hagia Sophia dinyatakan mati pada usia 16 tahun. Kematiannya pada Sabtu, 6 November 2020, membawa duka bagi para penggemarnya.

"Kucing Haghia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta, Levent, sejak 24 September, telah mati karena usia tuanya," cuit Ali Yerlikaya, Wali Kota Istanbul, lewat Twitter-nya, dikutip dari AA.com.tr, Senin (9/11/2020).

"Kami tidak akan pernah melupakanmu, Gli," sambung dia lagi sambil mengunggah potret si kucing.

Berdasarkan unggahan di akun Instagram @haghiasophiacat, Gli diketahui sakit sejak pertengahan September 2020 lalu. Ia sempat dirawat seminggu sebelum kembali pulang ke Hagia Sophia.

Saat itu, ia diberi ruang khusus lantaran tak bisa dibiarkan stres dan berada di tengah keramaian. Tetapi sejak dua minggu lalu, Gli kembali dirawat di bawah pemantauan dokter selama 24 jam. Tubuh Gli terlihat lemah meski ia masih mau menyantap makanan yang disodorkan.

Hari-hari terakhirnya, kucing populer itu hanya menghabiskan waktu dengan berbaring. Ia masih bereaksi terhadap sentuhan lembut perawatnya meski hanya menggerakkan kepalanya sedikit atau menggoyangkan ujung ekornya.

Kepergian Gli membuat para penggemarnya yang berduka. Dalam kolom komentar akun Instagram berpengikut 119 ribu itu, terselip ungkapan duka cita dari aktris Ayushita. 

"few months ago, I'm wishing that i can go there and meet the loveliest cat in the whole world.. Rest in love the dearest," tulisnya. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Sambut Obama

Dikutip dari laman hagiasophiaturkey.com, Gli telah tinggal di bangunan yang kini berfungsi sebagai masjid sejak 2004. Ia lahir dari induk bernama Sofi dan memiliki saudara laki-laki bernama Pati, serta seekor saudari bernama Kizim.

Nama Gli disematkan oleh salah seorang restorator bernama Bilgen Deveci. Nama aslinya adalah Gri yang berarti abu-abu, sesuai dengan warna bulu si kucing. Tetapi, nama itu diplesetkan menjadi Gli karena dinilai lebih pas dengan kelucuan dan mata bercahaya si kucing. 

Dikutip dari Daily Sabah, kucing Gli menjadi favorit banyak pengunjung masjid. Salah satunya adalah mantan Presiden AS Barack Obama yang sempat terekam mengelus Gli dalam kunjungan ke Turki pada 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.