Sukses

Potret Keluarga Kecil Pangeran William Dihapus dari Foto Profil Instagram Kensington Royal

Foto keluarga kecil Pangeran William tersebut diambil saat mereka bertepuk tangan di depan rumah untuk menghormati para tenaga medis.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang masih ingat dengan foto keluarga Pangeran William yang diambil saat bertepuk tangan di depan pintu rumah pedesaan mereka, di Anmer Hall, Norfolk? Ternyata, potret tersebut sudah dicopot dari foto profil Instagram, Facebook, maupun Twitter resmi Kensington Royal.

Dilansir dari People, Kamis (5/11/2020), pengelola akun Istana Kensington itu menggantikannya dengan foto Pangeran William dan Kate Middleton saat meletakkan karangan bunga poppy dalam kunjungan ke Manchester pada 2016. Bunga poppy merah telah digunakan sejak 1921 untuk mengenang prajurit militer yang gugur di medan perang.

Ternyata, penggantian foto tersebut bermaksud memperingati Remembrance Day yang akan berlangsung pekan depan. Meski dipastikan perayaannya akan sangat berbeda karena pandemi, keluarga kerajaan tetap mempertahankan tradisi yang sudah berlangsung nyaris seratus tahun.

Tak hanya akun Kensington Royal, hal serupa juga dilakukan beberapa akun media sosial resmi yang dikelola Kerajaan Inggris. Akun The Royal Family yang biasa memberitakan kabar terbaru Ratu Elizabeth dan anggota kerajaan lain, mengganti profil foto dengan menampilkan anggota kerajaan berbusana hitam dan bros poppy merah di dada saat memperingati hari itu di Westminster Abbey pada November 2004.

Sedangkan, Pangeran Charles dan Camilla memilih koleksi foto dari 2009 saat memperingati Remembrance Day di Kanada. Mereka memilih foto yang sama untuk memperingati event bersejarah itu tahun lalu.

Sebelumnya, acara Remembrance Sunday yang jatuh pada akhir pekan ini akan ditutup karena pandemi Covid-19. Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengumumkan pada pekan lalu bahwa Inggris kembali menerapkan aturan penguncian wilayah yang dimulai pada Jumat, 6 November 2020 hingga 2 Desember mendatang. Restoran, bar, pusat kebugaran, dan toko-toko yang tak esensial diwajibkan tutup selama periode itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan bagi Pejuang Medis

Sebelumnya, tiga buah hati Kate Middleton dan Pangeran William bergabung dengan ribuan orang di seluruh Inggris, mengambil bagian dalam kampanye "Clap for our Carers." Kampanye itu sebagai bentuk ucapan terima kasih pada mereka yang bekerja di National Health Service (NHS), sistem perawatan kesehatan yang didanai publik di Inggris.

Kensington Royal membagikan video singkat yang mengabadikan Pengeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis tengah berdiri bersisian sembari bertepuk tangan. Video itu dibagikan lewat akun Instagram resmi pada Jumat, 27 Maret 2020.

Dalam video, Putri Charlotte tampil dalam balutan baju lengan panjang biru dongker dengan garis-garis putih. Atasan itu dipadukan dengan celana panjang dan rambutnya tampak dikuncir dua. Sedangkan, Pangeran George mengenakan polo shirt biru dongker dan celana panjang. Lalu, si bungsu Pangeran Louis berada di tengah diapit kedua kakaknya.

Anak bungsu Kate Middleton itu memakai baju lengan panjang dengan sentuhan warna biru yang lebih cerah dan celana panjang. Sembari bertepuk tangan, sesekali ia melihat ke arah kedua kakaknya.

"Untuk semua dokter, perawat, carers, GP (general practitioner), apoteker, sukarelawan, dan staf NHS lainnya yang bekerja tanpa lelah untuk membantu mereka yang terdampak #COVID19: terima kasih," bunyi keterangan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.