Sukses

6 Jenis Sukulen yang Mudah Dirawat sebagai Tanaman Hias

Liputan6.com, Jakarta - Sukulen jadi salah satu tanaman yang sedang naik daun di masa pandemi. Cara perawatannya yang mudah hingga jenisnya yang beragam membuat sukulen banyak dipelihara orang.

Sukulen berbeda dengan kaktus, tapi banyak orang yang masih menganggap dua tanaman tersebut adalah kaktus. Sukulen merupakan tumbuhan yang mempunyai karakter menyerap yang menyimpan air pada batangnya dan memiliki kelopak seperti daun. Namun, kaktus memiliki daun dalam bentuk duri.

Tak sekadar hiasan di halaman rumah, sukulen juga bisa diletakan di dalam ruangan. Dengan jenis dan warna beraneka macam membuat ruangan makin nyaman dan adem.

Agar sukulen dapat tumbuh dengan baik, maka tanaman tersebut harus mendapatkan sinar matahari. Selain itu, sukulen juga tak terlalu banyak memerlukan air, bisa disiram seminggu sekali, tergantung dengan kering media tanamnya.

Dilansir dari dekoruma, Kamis, 22 Oktober 2020, berikut enam jenis sukulen yang menarik dan sedap dipandang mata. Apa saja?

2 dari 5 halaman

Enam Jenis Sukulen

Sukulen Jade

Memiliki bentuk yang sangat unik dan estetik, tanaman sukulen jade tampak menyerupai miniatur pohon. Tanaman sukulen ini memiliki ukuran sedang dengan batang utama yang tebal pada bagian tengah, sementara dedaunannya muncul dari segala sisi. Sukulen jade juga dapat menghasilkan bunga berbentuk bintang.

Sukulen Zebra

Sukulen ini memiliki bentuk yang unik karena memiliki garis-garis tegas menyerupai motif zebra. Bentuknya yang mungil, tanaman ini bisa tempatkan pada pot berukuran kecil. Dalam waktu tertentu tanaman ini bisa memunculkan bunga berwarna kuning yang sangat menawan dan indah.

3 dari 5 halaman

Sukulen Pink Moonstone

Sukulen jenis ini berukuran mungil karena hanya akan tumbuh dengan ukuran di bawah 15 cm, tanaman sukulen yang satu ini juga hadir dengan warna mencolok seperti merah hingga hijau natural. Sangat cocok ditempatkan di dalam ruangan, tanaman sukulen ini bisa menghasilkan bunga berbentuk bintang dengan warna pink yang begitu menawan.

Sukulen Echeveria Agavoides Ebony

Tanaman sukulen yang satu ini juga memiliki ukuran mungil dan sangat cocok diletakkan di meja ruang kerja atau ruang tamu, memiliki warna merah yang sangat dominan sehingga akan memberikan kontras warna yang menarik dalam hunian.

4 dari 5 halaman

Sukulen Ecevera Minima

Sukulen ini memiliki tampilan yang menumpuk dan meningkat terbuka ke bagian atas. Berukuran sangat mungil, tanaman  ini juga memiliki warna yang khas yakni hijau pekat dengan semburat kemerahan pada ujung daunnya. 

Sukulen Ariocarpus

Sukulen ini sangat mungil, memiliki bentuk utama prisma yang unik dengan ujung yang beragam, seperti tumpul, runcing hingga melengkung. Pada bagian bunga dari tanaman ini seukuran dengan batang dan menghasilkan berbagai macam warna seperti pink, ungu, merah, hingga kuning.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: