Sukses

Segera Buka di Sentul City, AEON Mall Punya Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

Liputan6.com, Jakarta - AEON Mall akan membuka cabang baru di Jalan MH Thamrin Sentul City, Bogor, pada 28 Oktober 2020. Mal tersebut akan jadi cabang ketiga AEON Mall di Indonesia setelah BSD City dan Jakarta Garden City.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu, 17 Oktober 2020, mal baru tersebut akan menerapkan konsep ramah lingkungan. Salah satunya dengan memasang pembangkit listrik tenaga matahari sebagai sumber energi bangunan.

Mal di atas lahan seluas 190 ribu meter persegi itu terdiri dari tujuh lantai. Ada lebih dari 200 brand lokal dan mancanegara yang akan membuka tokonya di sana. Pengelola mal juga menyediakan tiga ribu lot parkir bagi para pengunjung.

Menjelang tanggal pembukaan, pihak mal berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam membuka mal pelayanan publik di dalam bangunan tersebut. Nantinya, semua pelayanan perizinan dan non-perizinan akan tersedia di sana.

"Mulai dari pelayanan Disdukcapil, seperti e-KTP, KK, Akte Kelahiran. Pelayanan Paspor, Samsat, PDAM, Bappenda, BPN, BJB Polres, dan DPMPTSP," ujar Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin, dalam acara penandatanganan kerja sama dengan AEON MALL Indonesia.

Pembukaan mal pelayanan publik tersebut, sambung Ade, merupakan bagian dari langkah percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Selain mal pelayanan publik, nantinya juga tersedia ruang komunikasi bagi Pemkab Bogor untuk mengedukasi dan menyosialisasikan kebijakan pada para pengunjung pusat perbelanjaan.

Seluruh layanan ini disebut akan dioperasikan dengan protokol kesehatan yang ketat. Komitmen serupa juga dilontarkan pihak mal yang berjanji akan membersihkan seluruh fasilitas umum, seperti eskalator, kursi dan meja dengan desinfeksi secara rutin, serta mengurangi perpindahan kuman dan bakteri lewat pertukaran uang tunai dengan memberlakukan pembayaran nontunai lewat aplikasi.

2 dari 3 halaman

Festival UMKM

Selain menyediakan ruang pelayanan publik, pihak mal juga sepakat menyediakan ruang berjualan dan promosi bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Pemkab Bogor. Fasilitas tersebut diharapkan bisa membantu pengusaha UMKM di masa pandemi.

Perusahaan pengembang pusat perbelanjaan asal Jepang itu mengklaim akan menyediakan lokasi khusus bagi UMKM, termasuk membuatkan booth agar pengusaha bisa fokus melayani pelanggan. Berikutnya, mal akan menggelar festival UMKM selama dua bulan penuh untuk mendatangkan pembeli.

"AEON MALL Indonesia selalu total dalam membantu masyarakat setempat. Apakah dengan membantu menghadirkan layanan publik, membantu penjualan produk UMKM, dan banyak upaya lain yang akan kami lakukan ke depannya," ujar Daisuke Isobe, President Direktur AEON MALL Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: