Sukses

Barbekyuan ala Korea di Rumah Kini Lebih Praktis

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penyuka serial drama Korea tentu familiar dengan adegan makan para karakternya. Mulai dari menyantap ramyun di panci sampai adegan memanggang daging alias barbekyuan yang dibungkus sawi atau daun perilla dan saus gochujang, semua tampak membangkitkan selera.

Nah, Anda kini bisa merasakannya sendiri di rumah. Sebuah restoran berkonsep all you can eat baru-baru ini berinovasi dengan menghadirkan menu beku yang mudah dimasak di rumah. Daging dari Pochajjang sudah dimarinasi sehingga tak perlu lagi repot meracik bumbu sendiri.

"Menu paket ini sangat cocok untuk dinikmati bersama orang-orang terkasih di rumah tanpa menghilangkan rasa otentik dari pengalaman memasak sendiri ala Korean BBQ. Ke depannya, kami berharap dapat menyediakan lebih banyak inovasi menu untuk para Geng Pocha," kata Michelle Sulistyo, Chief Marketing Officer Pochajjang Korean BBQ, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Pilihan rasanya beragam, terdiri dari bulgogi, spicy bulgogi, soy honey, dan black pepper. Jenis daging yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari daging premium, saikoro, hingga wagyu. Harganya berkisar Rp88 ribu hingga Rp99 ribu per paket dengan porsi yang cukup untuk bertiga.

Seluruh menu beku dilengkapi dengan kimchi dan paket sayur untuk dibuat ssam alias daging bungkus ala Korea. Atau bila malas, Anda cukup memanggangnya di atas teflon dan langsung disantap bersama nasi panas. Anda bisa berkreasi sesuka hati mumpung sedang di rumah sendiri.

Dikutip dari berbagai sumber, tradisi membungkus daging ala Korea terpengaruh oleh budaya masyarakat Dinasti Yuan, Tiongkok. Tetapi saat itu, para perempuan pembantu istana di akhir Dinasti Goryeo memakannya hanya dengan nasi untuk mengobati kesedihan setelah ditelantarkan.

Baru belakangan isinya menggunakan beragam protein. Di Korea tak hanya menggunakan daging sapi, tetapi juga daging babi, timun laut dan telur. Biasanya dinikmati bersama keluarga atau teman-teman untuk meningkatkan keakraban. Maka, kita kerap melihat yang menikmati barbekyu saling menyuapi satu sama lain.

2 dari 3 halaman

Adaptasi dengan PSBB

Selain menawarkan menu beku yang harus dimasak terlebih dulu, Pochajjang juga menghadirkan paket nasi siap saji. Pilihan lauk pendamping yang bisa dipilih adalah Korean Beef Bulgogi, Signature Soy Honey, Crispy Korean Chicken, Bulgogi Korean Combo, dan Soy Honey Korean Combo.

Setiap kotak dengan menu satu lauk bakal dilengkapi dengan pendamping berupa japchae alias sohun ala Korea, telur mata sapi, dan kimchi. Sementara, menu combo yang mengombinasikan daging sapi dan ayam hanya dilengkapi telur dan kimchi. Porsinya terbilang royal sehingga dijamin mengenyangkan, bahkan bisa dibagi bersama satu teman lainnya. 

Menu-menu baru tersebut dapat dipesan melalui platform online maupun dipesan di outlet untuk dibawa pulang. Setiap pesanan dikemas dalam kotak makan plastik dibalut tas plastik jernih yang direkat zipper. Dilengkapi pula dengan saus sambal kemasan dan sumpit yang sebenarnya bisa tak disertakan karena di rumah pasti ada sumpit atau sendok garpu pribadi.

Menurut Michelle, inovasi tersebut merupakan adaptasi restoran di tengah aturan pembatasan sosial berskala besar. "Dengan keadaan yang serba tak pasti, Pochajjang pun perlu beradaptasi dan memprioritaskan keinginan para customer kami. Kami terus berinovasi agar Geng Pocha dapat menikmati kelezatan Pochajjang di rumah saja dengan kualitas terjaga dan harga yang terjangkau," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: