Sukses

Deretan Pemakaman Elite dan Bertaraf Internasional di Indonesia

Pemakaman paling mahal di Indonesia biasanya diisi oleh orang-orang kelas atas, bukan dari kalangan biasa

Liputan6.com, Jakarta – Tahukah Anda apa tempat pemakaman paling mahal di Indonesia? Sejumlah pemakaman di Indonesia memang dibanderol dengan harga yang fantastis, mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Wajar saja, harga perkapling area pemakaman kelas “VIP” mencapai miliaran rupiah, karena tipe-tipe tanah makam yang disediakan berada di lokasi strategis dengan pemandangan yang indah. Pemakaman paling mahal di Indonesia biasanya diisi oleh orang-orang kelas atas, bukan dari kalangan biasa.

Sebut saja artis, mantan pejabat negara hingga pengusaha sukses. Untuk mendapatkan tanah pemakaman yang “elit” tersebut, kita tidak bisa sembarangan, karena harus memesannya jauh-jauh hari. Lalu, pemakaman elit mana saja yang harganya fantastis hingga mencapai miliaran rupiah?

1.San Diego Hills

Suami artis Bunga Citra Lestari yang juga pesinetron Ashraf Sinclair meninggal dan dimakamkan Selasa (18/2/2020) di pemakaman San Diego Hills, Karawang. Tempat peristirahatan Ashraf ini ternyata merupakan pemakaman paling mahal di Indonesia.Pemakaman San Diego Hills ini, harganya sangat fantastis mencapai miliaran rupiah.

Harga pemakaman tipe ini merupakan yang paling murah, harganya antara Rp 37 juta hingga Rp 84 juta. Harga yang paling murah saja sudah fantastis bukan, tak ayal TPU San Diego Hills menjadi pemakaman paling mahal di Indonesia.

Tipe pemakaman di San Diego Hills yang kedua yakni tipe semi private. Tipe ini masih sama dengan tipe single burial, yakni tergantung dengan tipe dan area yang dipilih. Tipe semi private ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp224 juta-Rp457 jutaan.Nah tipe pemakaman di TPU San Diego Hills yang terakhir akan membuat anda geleng-geleng kepala. Tipe private di TPU San Diego Hills harganya dipatok sebesar Rp650 juta hingga Rp1,7 miliar. Sementara untuk tipe peak estate dihargai mulai Rp 4 miliar hingga Rp 6 miliar.

Selain itu sejumlah pengusaha sukses Indonesia juga dimakamkan di TPU San Diego Hills, sebut saja Direktur Astra International , Michael Ruslim Presiden, Founder Astra William Suryajaya, serta pendiri PT Sinar Sosro, Soetjipto Sosrodjojo.Lantas seperti apa kompleks TPU San Diego Hills yang akan menjadi tempat pemakaman paling mahal di Indonesia?

Meski nama pemakaman paling di Indonesiatersebut kebarat-baratan, namun di TPU tersebut dibagi kedalam beberapa komplek, termasuk komplek pemakaman untuk umat Islam.

2. TPU Gunung Gadung Bogor

Pemakaman paling mahal di Indonesia yang terakhir adalah TPU Gunung Gadung, yang terletak di Cipaku, Kota Bogor. TPU ini merupakan salah satu TPU terbesar di Indonesia. Hanya saja, TPU ini khusus untuk etnis Tionghoa. Luas TPU ini mencapai 120 hektare, dan dikenal sebagai pemakaman untuk kalangan golongan elite Tionghoa. TPU Gunung Gadung ini dikelola oleh 5 yayasan yang biasanya melayani jasa pemakaman. Salah satu yayasan yang mengelola TPU Gunung Gadung adalah yayasan Sami Asih, kini dikelola oleh Mukhtar.

Mukhtar mengatakan, pada 2017, harga per meter tanah di TPU Gunung Gadung ini kisaran Rp1 juta bahkan lebih. Jika lokasinya semakin bagus, maka harga akan semakin mahal. Itu juga belum termasuk izin dan bangunan. Biasanya, harga standar makam ukuran 4 x 4 meter beserta bangunannya dihargai Rp 50 juta.

3. Heaven Memorial Garden

Pemakaman paling mahal di Indonesia yang ketiga adalah taman pemakaman Heaven Memorial Garden di Tangerang, Banten serta Heaven Memorial Parkdi Bogor, Jawa Barat.

Sama halnya dengan pemakaman San Diego Hills dan TPU Al Azhar, taman makam Heaven ini harganya berdasarkan tipenya. Untuk tanah makan tipe single dibandrol dengan harga Rp27.360.000. Selain tipe singel, ada juga paket Gold-Gold yang harganya kisaran Rp35,9 juta serta paket Platinum dengan harga kisaran Rp39,9 juta.

4. TPU Al Azhar Memorial Garden

TPU Al Azhar berlokasi di wilayah Karawang Timur. TPU yang dikembangkan oleh Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar itu memiliki lahan sekitar 25 hektare. TPU Al Azhar Memorial Garden ini termasuk kedalam pemakaman paling mahal di Indonesia, setelah San Diego Hills. TPU Al Azhar diperkirakan mampu menampung sekitar 29.000 jenazah muslim, dari wilayah Jabodetabek, Cikarang, Bandung, Karawang dan sekitarnya.

Pertama tipe single harganya Rp38.800.000, kedua tipe double harganya kisaran Rp118.000.000. Ketiga tipe super double kisaran Rp235.400.000. Adapun tipe Family A kisaran Rp227.400.000, tipe Family B kisaran Rp355.700.000. Sementara untuk tipe Super Family A harganya mencapai Rp452.700.000 dan tipe Super Family B mencapai harga Rp827.800.000. Fantastis bukan?

Itulah sederet pemakaman paling mahal di Indonesia. Harganya fantastis bukan? Bagi kalangan elite, mungkin dengan nilai uang sebesar itu tidak terlalu besar, namun bagi kalangan menengah ke bawah, uang sebesar itu lebih baik digunakan untuk keperluan penting lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini