Sukses

Penumpang Tak Pakai Masker, Maskapai di Amerika Beri Kartu Kuning

Liputan6.com, Jakarta -  Di masa pandemi corona Covid-19, masker termasuk barang wajib yang harus dipakai saat keluar rumah. Begitu juga saat harus naik pesawat terbang.

Bisa dibilang hampir semua maskapai penerbangan di seluruh dunia meminta para penumpang memakai masker. Mereka biasanya juga meminta setiap penumpang menaati protokol kesehatan.

Meski begitu, kalau ditemukan pelanggaran, tindakan tiap maskapai cenderung berbeda. Maskapai Alaska Airlines, misalnya. Mereka akan memberi peringatan berupa kartu kuning bagi penumpang yang menolak memakai masker.

Tindakan ini mirip dengan pemberian kartu kuning pada olahraga sepakbola. Pemberiannya merupakan bentuk peringatan terakhir kalau penumpang tidak mengindahkan peraturan penggunaan masker.

Tindakan peringatan ini juga nantinya akan jadi laporan akhir bagi penumpang. Kalau di kemudian hari kembali naik maskapai Alaska Airlines dan tidak memakai masker, perjalanan mereka bisa ditangguhkan. 

Pengecualian diberikan bagi anak di bawah umur dua tahun dan mereka yang memiliki masalah medis terkait pernapasan. Meski begitu, masker akan diberikan bagi penumpang yang lupa membawa sendiri.

Para penumpang juga diberi keringanan melepas masker saat akan makan dan minum. Mengutip laman Business Insider, Selasa, 14 Juli 2020, kebijakan penggunaan masker ini akan diberlakukan sejak proses check-in, juga bakal mendatangani perjanjian kesehatan yang diperlukan.

2 dari 3 halaman

Kru Alami Penolakan

Saat proses check-in, semua penumpang Alaska Airlines akan diminta mengonfirmasi bahwa mereka akan mengenakan masker saat berada di pesawat.

"Kami memahami dan menghargai pentingnya memakai masker selama Covid-19. Namun, para kru juga beberapa kali mengalami penolakan yang menyebabkan ketegangan dan kecemasan bagi penumpang lain, sehingga perlu dikoordinasikan lebih lanjut terkait perubahan yang sedang dilakukan," terang pihak Alaska Airlines.

Kartu kuning sendiri merupakan peringatan terakhir yang diberikan pihak maskapai agar penumpang mematuhi kebijakan. Bukan hanya maskapai Alaska Airlines yang menerapkan aturan ketat untuk pemakaian masker di pesawat.

Mulai 18 Juni 2020, bagi penumpang United Airlines yang tidak mematuhi aturan seperti memakai masker akan berada dalam daftar pembatasan perjalanan internal. Penumpang tersebut akan ditangguhkan sementara.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: