Sukses

Tata Cara Gelar Resepsi Pernikahan dengan Protokol Kesehatan di Era New Normal

Pernikahan di masa pandemi sudah bisa dilakukan dengan sejumlah penyesuaian yang mengadaptasi protokol kesehatan. Apakah benar menjamin keamanan pengantin dan hadirin yang datang?

Liputan6.com, Jakarta - Beragam sektor terkena imbas dari penyebaran pandemi corona Covid-19 di seantero dunia, satu di antaranya industri yang bergerak dalam penyelenggaraan pernikahan. Para pelaku usaha di dalamnya terpaksa terdiam sejenak, mengingat adanya pemberlakuan pembatasan demi menekan transmisi virus corona baru.

Kondisi ini membuat Gabungan Perkumpulan Penyelenggara Pernikahan Indonesia (GPPPI) terus berupaya membangkitkan geliat industri pernikahan. Penyusunan langkah strategis diwujudkan dalam simulasi pernikahan dengan menerapkan protokol kesehatan di era new normal.

Ketua Umum Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan (Hastana), Gandi Priapratama menyebut, masa pandemi membuat industri wedding bisa dikatakan berhenti total. Hal ini mengingat karena terbentur izin keramaian, sementara pernikahan tentu melibatkan banyak orang.

"Karena itu, kami mewakili bidang masing-masing, membuat rumusan protokol acara pernikahan di era new normal nanti setelah pemerintah membuka izinnya. Kami buat protokol ini, dikaji oleh anggota sesuai bidang masing-masing," kata Gandi di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Juli 2020.

Simulasi pernikahan dengan protokol kesehatan ini melibatkan seluruh elemen yang tergabung dalam GPPPI. Terdiri dari Hastana Indonesia, Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI), Asosiasi Pengusaha Jasa Dekorasi Indonesia (ASPEDI), Himpunan Pengusaha Dokumentasi Indonesia (HIPDI), Himpunan Ahli Tata Rias Pengantin Indonesia (Harpi Melati), Himpunan Pembawa Acara Pernikahan Indonesia (HIPAPI), dan Ikatan Pengusaha Jasa Musik Pernikahan Indonesia (HIPAMI).

"Tujuannya adalah kita menunjukkan ke masyarakat untuk nanti seandainya sudah dibuka, masyarakat mengadakan pesta pernikahan sesuai protokol yang sudah ditentukan," ungkap Gandi.

"Protokol ini juga sudah kami sampaikan ke pemerintahan, tak hanya di Jakarta, di beberapa daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan di Jambi juga ada beberapa daerah yang sudah memberikan protokolnya ke pemerintahan," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protokol Kesehatan

Adapun hasil simulasi ini akan menjadi acuan protokol kesehatan untuk pernikahan new normal. Mulai dari lay out ruangan yang hanya diisi dengan 50 persen kapasitas ruangan, penyiapan ruang tunggu untuk mengatur alur tamu di dalam ruang utama, panggung pelaminan berundak untuk prosesi salaman dan foto secara physical distancing.

Selain itu, ketika tamu datang ke venue pernikahan, harus melewati proses pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, dan memakai hand sanitizer. Pengisian buku tamu dapat dilakukan dengan manual atau digital dan memakai hand sanitizer kembali usai mengisi yang manual.

Di dekat area ini, juga disediakan ATM Masker tanpa sentuhan. Tata cara pengambilan masker dimulai dengan membersihkan tangan memakai hand sanitizer tanpa sentuhan, tetapi mendekatkan tangan ke sensor sehingga hand sanitizer keluar dengan sendirinya, cara yang sama diterapkan untuk mengambil masker.

Pemberian angpau pun dapat secara manual ataupun disediakan secara digital. Flow kehadiran tamu dilanjutkan dengan tamu memasuki area acara lewat pintu masuk. Berada di jalur salaman dengan menjaga jarak antre dan menggunakan hand sanitizer sebelum naik pelaminan.

Tak ada kontak fisik dengan mempelai dan orangtua, tetapi memberi salam hormat atau namaste. Dari segi penyajian makanan, petugas katering harus menggunakan sarung tangan, masker, dan face shield. Pengambilan makanan dilayani dengan cara disajikan oleh petugas katering.

Berlanjut dengan mengarahkan tamu untuk duduk di kursi atau bila berdiri tetap menjaga jarak. Diharapkan untuk tidak menyumbang lagu, tidak menyentuh properti dekor, dan mengoptimalkan waktu berada di area ruangan resepsi.

Lalu, tamu mengambil souvenir yang sudah disterilkan di area souvenir, menerima hampers (bila menggunakan sistem hampers). Terakhir, tamu menuju akses pintu keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.