Sukses

4 Manfaat Kantong Teh Hijau Bekas untuk Perawatan Wajah

Liputan6.com, Jakarta -  Manfaat minum teh hijau memang semakin diakui oleh banyak kalangan. Selain terkenal akan kandungan antioksidannya, ternyata ada manfaat minum teh hijau lainnya yang bisa didapatkan.

Bukan hanya dengan meminumnya, kantung teh hijau pun juga bisa bermanfaat bagi kita. Bagi Anda yang terbiasa membuat teh hijau instan atau teh celup, jangan langsung membuang kantong teh hijau bekas Anda minum hari ini. Karena ternyata, kantong teh hijau bekas bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah atau kulit Anda.

Teh hijau sudah lama diketahui punya manfaat sehat, terutama untuk kulit. Kandungan antioksidan, antiiflamasi, dan antibakterinya melindungi kulit dari penuaan dini, kerusakan akibat sinar matahari, inflamasi, dan sensitivitas.

Selain itu, teh hijau juga membantu mencerahkan dan membersihkan kulit serta wajah. Hal tersebut bisa kita dapatkan hanya dengan memanfaatkan kantong teh hijau bekas. Apa saja yang bisa kita lakukan?

Dilansir dari Times of India, setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan kantong teh hijau bekas untuk kesehatan kulit dan wajah.

1. Menghilangkan kantong mata

Kantong teh hijau ternyata bisa untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, masukkan kantong teh hijau bekas ke dalam kulkas saat selesai Anda gunakan, lalu biarkan semalaman.

Lalu aplikasikan kantung teh ini di atas mata tertutup selama 10-15 menit untuk relaksasi, meredakan stres dan otot mata yang lelah, dan menghilangkan kantung mata.

2. Toner wajah

Gunakan lima kantong teh hijau bekas, celupkan pada 200 ml air, lalu tambahkan dua potong lemon yang diperas. Tambahkan satu sendok teh cuka apel, dan disarankan untuk menambahkan lima tetes minyak tea tree atau lemon. Simpan selama 8-10 jam, lalu saring dan taruh di botol semprot bersih. Simpan di dalam kulkas dan gunakan sebagai toner.

2 dari 2 halaman

3. Scrub tubuh

Kantong teh hijau bekas juga bisa digunakan sebagai scrub tubuh. Caranya, potong kantong dan keluarkan daun teh. Gunakan daun teh, tambahkan satu sendok teh bubuk oat, satu sendok teh madu, dan setengah sendok teh jus lemon.

Aduk hingga berbentuk seperti pasta. Pasta ini bisa Anda aplikasikan di semua bagian wajah dan tubuh Anda untuk mengeksfoliasi kulit mati dan memperbaiki kulit.

4. Masker wajah

Untuk masker wajah, potong dua kantong teh hijau bekas, ambil daun teh di dalamnya saat masih lembap. Lalu tambahkan Multani Mitti atau lumpur tanah liat (clay) untuk membuat pasta.

Aplikasikan pasta ini di seluruh wajah dan leher Anda. Diamkan selama sekitar 10 menit dan bilas dengan air. Setelah kulit bersih, jangan lupa gunakan pelembap.