Sukses

6 Manfaat Telur Selain untuk Dimakan, dari Melukis sampai Lem

Liputan6.com, Jakarta -  Manfaat telur begitu banyak untuk kehidupan sehari-hari. Telur jadi makanan favorit banyak orang. Selain harganya terjangkau dan mudah dijumpai, telur bisa dibuat beragam kreasi menu makanan. 

Hampir di tiap rumah pasti ada telur sebagai stok. Mengonsumsi telur semudah merebus atau menggorengnya saja. Rasanya enak dengan kandungan nutrisi yang baik seperti protein dan kalsium.

Telur juga jadi asupan pilihan banyak pelaku diet. Itu karena telur membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga terhindar dari keinginan ngemil atau makan terlalu banyak nantinya.

Selain bisa dimakan, ada banyak manfaat lain yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya. Seperti untuk membuat lukisan hingga lem serta manfaat lainnya. Dilansir dari laman Mashed, setidaknya ada enam manfaat telur selain untuk dimakan seperti berikut:

1. Melukis

Cat minyak adalah media lukis populer yang masih banyak dipakai sampai saat ini. Namun sebelum muncul pada masa kebangkitan Italia, sekitar abad 1500 SM, media lukis bukanlah cat minyak tapi tempera telur.

Tempera telur terdiri dari pigmen yang ditumbuk halus, sedikit air, dan kuning telur yang dicampur jadi satu. Tempera telur dibuat sebelum pelukis berkreasi karena kuning telur memiliki sifat tidak tahan lama. Namun begitu diaplikasikan ke permukaan, tempera telur sangat stabil. Buktinya ada lukisan dengan media tempera telur yang masih bertahan sejak abad ke-4.

2. Melembapkan rambut

Rambut sangat penting terutama bagi wanita sehingga perlu dirawat agar tetap sehat dan berkilau. Kalau mau memakai bahan alami untuk menyehatkan rambut, telur bisa jadi solusi. Hal ini karena telur mengandung protein.

Caranya baluri telur pada rambut, setelah itu diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin sampai bersih. Rambut akan menjadi semakin lembap dan minyak-minyak pada rambut juga akan hilang.

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi rasa pahit

Manfaat lain dari telur adalah mengurangi rasa pahit pada kopi. Bagian yang dipakai adalah cangkang telur. Cangkang telur mengandung mineral berupa kalsium karbonat yang mampu menyerap rasa pahit, asam, dan tajam pada kopi namun tetap membuat kopi beraroma.

Konon citarasa kopi dengan cangkang telur ini terasa lebih lembut dan beraroma.

4. Mengobati luka

Terkadang para koki atau chef ceroboh saat bertugas di dapur. Tajamnya pisau bisa melukai jari-jari mereka. Untuk mengobatinya, ternyata telur bisa jadi solusi. Caranya dengan menggunakan membran tipis pada telur.

Saat Anda mengupas telur rebus, di antara kulit dan bagian dalam telur akan terlihat membran tipis berwarna putih. Membran inilah yang bisa bertindak sebagai 'perban' luka. Membran tipis ini bahkan mengandung senyawa yang bisa meredakan rasa sakit.

3 dari 4 halaman

5. Membuat wajah kencang

Selain rambut, telur juga bisa bermanfaat untuk wajah. Putih telur bisa dijadikan masker yang diaplikasikan pada wajah. Putih telur mengandung kolagen dan protein yang baik untuk mengatasi berbagai masalah wajah.

Masker putih telur ini cocok dipakai untuk Anda yang punya masalah pori-pori besar, kulit kurang kencang, atau kurang glowing.

6. Lem alami

‘Kalau lem di rumah habis dan tidak sempat membeli, telur juga bisa jadi lem alami. Manfaatkan putih telur sebagai alternatif lem saat kita kehabisan stok. Putih telur punya sifat sebagai bahan perekat.

Lem putih telur bisa dipakai untuk hal-hal sederhana, seperti membuat kerajinan tangan dengan kertas. Oleskan putih telur dengan tangan atau dengan kuas. Lem putih telur ini juga aman dipakai anak-anak karena tidak mengandung zat kimia yang berbahaya.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: