Sukses

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Kala Terjebak Toxic Relationship

Ketika berada dalam kondisi toxic relationship, penting untuk menyadari apa yang Anda rasakan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika dua insan telah saling mengenal, tumbuh benih-benih asmara, hingga jatuh cinta, tak jarang mereka akan saling mengikat hubungan tersebut. Asmara tak melulu soal cinta, tetapi ada saja pertengkaran sampai mengakibatkan toxic relationship.

Namun terkadang, pasangan terjebak dalam toxic relationship tak menyadari hal tersebut dan membiarkannya karena cinta. Hal ini bisa berubah menjadi berbahaya bagi Anda jika tidak mengatasinya segera.

Ketika terjebak toxic relationship, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Apa saja? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Times of India, Senin, 15 Juni 2020, seperti di bawah ini.

1. Perhatikan bagaimana perasaan Anda

Hubungan adalah semua hal tentang cinta, perhatian, dukungan, rasa hormat, dan keterbukaan untuk mempercayai dan memahami satu sama lain melalui semua kekurangan Anda.

Tetapi jika hubungan Anda sudah mulai terlalu mengendalikan dan mengkritik, Anda harus mempertimbangkan emosi ini dan membicarakannya dengan pasangan Anda sedini mungkin. Komunikasi adalah kunci untuk hubungan apa pun.

2. Lihat apakah Anda menjadi diri Anda sendiri atau tidak

Hubungan yang sehat akan membuat Anda merasa bebas, memiliki pendapat dan aspirasi. Tetapi yang toxic relationship akan selalu menjatuhkan Anda, membuat Anda mengorbankan impian Anda dan bahkan meredam nada Anda.

Katakan ini pada pasangan dan biarkan dia tahu bahwa ini bukan bagaimana hubungan yang sehat berjalan dan Anda berdua harus bekerja sama untuk menghilangkan toxic relationship dan menyembuhkan hubungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Percaya pada intuisi

Terkadang, hati akan memberi tahu siapa orang yang tepat untuk Anda dan tidak membiarkan kepala mengambil keputusan untuk Anda. Meskipun baik untuk mengikuti apa yang Anda rasakan di dalam hati, itu tidak baik jika Anda terus menghindari intuisi Anda.

Setiap orang akan memiliki intuisi yang kuat tentang hal-hal dan orang-orang dalam kehidupan mereka. Jika Anda mulai memiliki intuisi yang sangat kuat tentang toxic relationship, keluarkan diri Anda jika tidak dapat diperbaiki atau bagikan pemikiran Anda yang sama dengan pasangan Anda.

4. Dapatkan dukungan dari orang-orang terdekat

Terkadang, toxic relationship bisa berpengaruh untuk kesehatan mental Anda. Itu bisa berakhir dengan catatan buruk dan membuat Anda tidak bisa tidur malam. Bukan tentang bagaimana Anda kehilangan orang yang Anda cintai tetapi bagaimana semua itu berakhir dengan catatan buruk.

Coba dan bicarakan ini dengan siapa pun yang Anda merasa nyaman. Pastikan Anda mencari bantuan jika dan saat dibutuhkan. Segala sesuatu yang Anda lakukan untuk membuat diri Anda merasa lebih baik setelah keluar dari toxic relationship itu sehat, bahkan jika itu berarti berkonsultasi dengan terapis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.