Sukses

Cerita Gim Ikonis Pac-man yang Ternyata Terinspirasi dari Pizza

Liputan6.com, Jakarta - Telah dirilis sejak Mei 1980 di Tokyo, Jepang, desainer gim asal Negeri Sakura, Toru Iwatani, acap kali menyebut bahwa gim ikonis Pac-Man terinspirasi dari pizza.

Mengutip laman video South China Morning Post, Kamis, 28 Mei 2020, pada usia 25 tahun, Iwatani mengambil sepotong pizza dan sisa makanan tersebut di loyang tampak seperti bentuk mulut yang terbuka.

Tak lama dari itu, ia menciptakan Pac-Man dengan mulut melahap titik-titik di labirin saat melarikan diri dari hantu empat warna, yakni Blinky, Pinky, Inky, dan Clyde.

Pac-Man diceritakan sengaja dibuat untuk para perempuan, anak-anak, dan orang secara umum yang tak bermain gim sehari-hari. Saat debut, gim ikonis ini bernama Puck-Man.

Namun, nama itu kemudian diubah berdasarkan ketakutan huruf P di awal diplesetkan jadi kata umpatan.

2 dari 3 halaman

Gim Arcade Koin Paling Sukses

Menurut Guiness World Record, Pac-Man adalah gim arcade koin paling sukses sepanjang masa. Bermula dari sepotong pizza, Pac-Man  langgeng 40 tahun setelahnya sebagai salah satu gim ikonis.

Iwatani juga menyebut bahwa pac-man terinspirasi dari karakter Popeye yang makin kuat setelah makan bayam. Pengaplikasiannya, Pac-Man makin kuat setelah memakan titik-titik yang berada di labirin.

Skor sempurna Pac-Man adalah 3.333.360 poin. Hasil itu mungkin dicapai bila pemain mencapai level akhir tanpa kehilangan nyawa, juga harus memakan setiap titik, buah, dan hantu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: