Sukses

Apa Jadinya Bila Jokowi, Najwa Shihab, dan Didi Kempot Berubah Jadi Karakter Anime?

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya kalau tokoh terkenal Indonesia jadi karakter komik khas Jepang atau anime? Hal itu ternyata bisa diwujudkan oleh seorang ilustrator Indonesia dengan akun instagram @chancil.chan. Ia membuat ilustrasi para tokoh dan pesohor tanah air menjadi karakter komik.

Mulai dari Presiden Jokowi, Najwa Shihab, sampai mendiang Didi Kempot juga tak ketinggalan diubahnya menjadi karakter kartun khas Negeri Sakura tersebut.

Karya anime yang diunggah di akun Instagramnya baru-baru ini menjadi viral karena disukai banyak orang. Tokoh-tokoh terkenal yang dibuat anime di antaranya ada Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mantan Mentari Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Najwa Shihab, Didi Kempot, Deddy Corbuzier, Hotman Paris, Seto Mulyadi, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Pada setiap unggahan yang menampilkan foto para tokoh Indonesia dalam bentuk anime itu banjir pujian warganet. Pada unggahan yang menampilkan Jokowi, Ma'ruf Amin, Prabowo hingga Susi Pudjiastuti misalnya, ada ratusan pengguna Instagram memberikan komentar yang sebagian besar adalah pujian.

"sumpah keren bangettt," tulis seorang warganet.  "Jokowi jadi ganteng," komentar warganet lainnya. Dalam unggahan pada 11 Mei 2020 itu, Jokowi digambarkan sedang merangkul miniatur Tugu Monas dan terdapat burung yang sedang berkicau di pundaknya.

Dalam unggahan yang sama, terdapat juga anime KH Ma;ruf Amin, lengkap dengan tasbih yang besar. Di sini Kyai Ma'ruf terlihat lebih muda. Selanjutnya ada anime Prabowo. Berpakaian jendral lengkap dengan jubah dan baret merat, sosok Prabowo terlihat memberi tanda hati dengan jarinya.

Sedangkan Susi Pudiastuti digambarkan tampil dengan kebaya hijau merah, sanggul, kacamata hitam, dan trisula Poseidon yang menandakan ia adalah penguasa lautan.

Lalu ada anime Najwa Shihab yang diunggah pada 3 Mei 2020, ditampilkan dengan baju berwarna hitam dengan kain merah di pundak kiri dan sedang memegang buku.  Uniknya lagi, ia memberi nama Jepang pada presenter terkenal itu, yaitu Nana-Neesan. Sedangkan Dedy Corbuzier diberi nama Deddy-San, Hotman Paris jadi Hotman-Sama dan Kak Seto Mulyadi menjadi Seto-Niisan.

Yang menarik lagi, sosok anime Kak Seto terlihat sangat muda dan seperti pemuda Jepang dengan memakai kacamata dan kemeja batik.  Hal ini seperti menandakan sosok Kak Seto yang sepertinya tak pernah menua.

2 dari 3 halaman

Menteri Favorit

Tak ketinggalan, ia juga membuat anime musisi legendaris Didi Kempot yang baru saja meninggal dunia pada 5 Mei 2020. "Selanat Jalan ‘The Godfather of Broken Heart'," tulis Chancil dalam unggahannya pada 5 Mei 2020.

Didi Kempot digambarkan tampil dengan beskap dan blangkon biru, serta sayap dan lingkaran emas di atasnya yang menandakan dirinya kini sudah menjadi malaikat. Serta banyaknya hati yang retak atau patah hati karena kepergiannya.

Selain itu, terlihat juga anime beberapa tokoh dan pejabat seperti Menparekraf Wishnutama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini  Bukanb itu saja, Chancil juga mengunggah anime superhero Marvel memakai kostum tradisional Indonesia.

Tak hanya menggambar orang-orang terkenal. Seperti yang terlihat di Instagramnya, sebelum karya-karyanya saat ini viral, Chancil juga sudah sering membuat ilustrasi berupa karikatur.

Selain itu, terungkap juga kalau Chancil adalah seorang pemandu wisata. Hal itu diketahui dari unggahan anime Wishnutama pada 4 Mei 2020. Dalam keterangan foto, ia menuliskan Wishnutama adalah menteri favoritnya.

Sebagai seorang pemadu wisata sekaligus perancang grafis, ia mengaku senang dengan penggabungan Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif, dan dipimpin Wishnutama yang merupakan salah satu idolanya.

Kalau Anda tertarik dengan hasil-hasil karya Chancil, Anda bisa menyewa jasanya untuk membuat ilustrasi. Untuk harga, Chancil sudah menyertakannya di akun Instagram pribadinya.

Ada beragam jenis pilihan anime mulai dari harga 10 dolar sampai yang termahal 60 dolar. Sepertinya Chancil juga punya klien dari luar negeri. Karena dalam daftar harga tersebut, ia menuliskan khusus untuk klien dari Indonesia ia menetapkan kurs 1 dolar adalah Rp10 ribu.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: