Sukses

Benarkah Minum Kopi Kekinian Bisa Bikin Mengantuk?

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis minuman adalah salah satu bisnis yang cukup moncer belakangan ini. Beragam outlet kopi kekinian, misalnya, makin menjamur di berbagai kota di Tanah Air. Peluangnya besar, sebab masyarakat yang menggandrungi minuman kopi juga banyak.

Tren ini pula yang menginspirasi anak muda bernama Michael Wirawan mengenalkan brand minuman kekinian Mr Coffeeholic. Namun, kopinya itu disebut-sebut malah bikin kantuk. Benarkah?

Setelah ditelusuri, ternyata ini hanyalah salah satu kreativitas anak muda saja. Terkait hal ini, Michael Wirawan menjelaskan, jika itu berawal dari sebuah candaan ketika dia sedang melakukan podcast pada channel YouTube Arif Hidayat.

"Saat itu ada candaan yang diucapkan bahwa 'wahh!!! Kopinya beda banget! Kopinya bikin ngantuk!' Tapi siapa sangka setelah video tersebut tayang, ternyata animo masyarakat malah tinggi dengan berbondong-bondong menyerbu Mr. Coffeeholic," jelas Michael.

Tapi benarkah meminum kopi malah akan bikin kantuk? Menurut sebuah penelitian dari Universitas Edinburgh di Skotlandia, gen menjadi salah satu alasan beberapa orang tetap mengantuk meski telah meminum kopi.

Menurut peneliti, berapa banyak kopi yang diminum seseorang ternyata dipengaruhi variasi gen masing-masing.

Ada orang-orang yang bisa terjaga lebih lama meskipun tidak banyak minum kopi. Begitu pula sebaliknya, ada juga orang yang tetap tidak bisa mengusir kantuk walaupun sudah minum cukup banyak kopi.kop