Sukses

Sumber Inspirasi 2 Brand Berbeda dengan Logo Nyaris Sama

Tak sekadar kesamaan nama Vooyagers & Voyager, ternyata kedua brand tersebut juga memiliki kesamaan logo dan tone warna ungu yang dominan.

Liputan6.com, Jakarta - Voyage yang bisa diterjemahkan bebas sebagai perjalanan panjang mengarungi waktu, ternyata telah menginspirasi dua brand yang berbeda dari industri yang berbeda.

Adalah sebuah brand lokal bernama VOOYA yang mewadahi anak-anak muda dalam passion exploration yang kemudian menyebut konsumennya sebagai The Vooyagers, telah mengarungi perjalanan hidup selama empat tahun sebagai sebuah brand.

Usia yang sebenarnya belum cukup panjang, ketika kemudian di tahun ini muncul sebuah sub-brand dari sebuah brand internasional dari industri apparel yaitu FILA, yang meluncurkan koleksi terbarunya bernama Voyager Collection.

Meski sebagai sebuah sub-brand baru, tapi perjalanan Voyager Collection tentu punya catatan tersendiri nantinya. Selain karena nama besar FILA, juga karena mereka menggunakan brand ambassador yang sedang sangat popular di jagat yaitu band K-Pop BTS.

Jadi tak heran ketika para Army–sebutan untuk die-harder fans BTS, salah satu band K-pop – kemarin jadi ramai memperbincangkan kesamaan dua brand tersebut di jagat maya.

Tak sekadar kesamaan nama Vooyagers & Voyager, ternyata kedua brand tersebut juga memiliki kesamaan logo dan tone warna ungu yang dominan. Logo berbentuk V yang diduga terinspirasi oleh gestur finger heart tersebut memang sedikit berbeda tapi cukup memiliki kesamaan.

Namun alih-alih menuduh salah satu brand meniru brand yang lain, para Army ini sepakat bahwa ini adalah sebuah kebetulan semata. Apalagi ketika sejumlah warganet juga ikut nimbrung dan menemukan fakta bahwa VOOYA sudah ada terlebih dahulu dari sejak 2016.

Ini terlihat dari postingan pertama akun Instagram @thevooyager. Sementara dari akun instagram @fila_korea, Fila baru meluncurkan Voyager Collection pada Maret 2020 lalu.

Pembahasan Army inilah yang kemudian diangkat oleh Asmara Wreksono selebtweet pemilik akun @miund di twitter. Ia bukan penggemar BTS, tapi kebetulan memiliki latar belakang pendidikan seni rupa dan desain, sehingga tertarik membahas kemiripan logo dan branding antara VOOYA dan FILA Voyager.

Miund berpendapat meski memiliki banyak kemiripan tapi secara umum keduanya tidaklah identik. Baginya ini bukan sesuatu yang harus diperdebatkan. Sering sekali kejadian dalam berbagai hal di dunia ini sebuah kemiripan itu terjadi.

Miund pun mencetuskan bahwa “There’s Nothing New Under the Sun” dan “Great Minds Think Alike” yang kurang lebih secara terjemahan bebas diartikan bahwa tidak ada satu hal yang benar-benar baru di dunia ini. Para pemikir hebat pun sering juga mencetuskan ide hebat yang sama-- apalagi kalau terinspirasi oleh hal yang sama.

Bagaimana menurut para pembaca sendiri soal kemiripan ini? Akan seperti apa ya kira-kira perjalanan waktu kedua brand ini ke depannya nanti? Kita lihat dan tunggu saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini