Sukses

APD Unik di Filipina, dari Bertema Money Heist sampai Teletubbies

Pengadaan alat pelindung diri (APD) unik ini dimaksudkan untuk menjaga semangat, baik dari para tenaga medis maupun pasien, di tengah pandemi corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Alat Pelindung Diri (APD) jadi salah satu komponen penting bagi para tenaga medis, terutama di situasi pandemi corona COVID-19 seperti sekarang. Ketersediaannya terus dipastikan untuk melindungi mereka yang berperang melawan virus di garda terdepan.

Tapi, bagi dua desainer asal Iloilo, Filipina, yakni Ram Silva dan Adrian Pe, APD yang dikenakan para tenaga medis tak semata melindungi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga semangat, baik bagi pasien maupun pihak medis.

Karenanya, mereka menggagas APD yang tak hanya sesuai standar keselamatan, namun juga punya desain unik. Dari situ, muncul APD bertema unik, mulai dari serial fenomenal, Money Heist, sampai karakter ikonis Teletubbies.

Silva yang menggagas APD bertema Money Heist membuat tampilannya semirip mungkin dengan deretan tokoh utama, yakni semacam jumpsuit, bukan warna merah seperti di serial, namun maroon, ditambah sarung tangan karet berwarna biru, serta dilengkapi topeng dali.

Sementara, Pe menggagas beberapa tema tak biasa untuk APD. Salah satunya yang terinspirasi dari karakter Power Rangers. Menggunakan warna-warna yang merepresentasi tokoh pahlawan tersebut, tampak penambahan masker medis dan masker transparan untuk menutupi seluruh wajah.

Ketika muncul di dunia maya, ide ini diangagap sangat pas, mengingat para tenaga medis adalah pahlawan yang siap memerangi corona COVID-19.

"Menjaga semangat dan pikiran positif memang penting. APD ini adalah ide brilian," tulis salah satu pengguna Twitter.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

APD Berdesain Unik

Masih karya Adrian Pe, hanya saja kali ini sang desainer memutuskan untuk mengangkat tema serial televisi ikonis Teletubbies. Sesuai karakter di sana, ia mengusung empat warna untuk dijadikan APD dalam tema kali ini, yakni ungu, hijau, kuning, dan merah,

Penggunaannya tentu dilengkapi beberapa komponen untuk memastikan keselamatan tenaga medis, seperti sarung tangan, masker medis yang serasi dengan warna kostum, dan masker transparan menutupi seluruh wajah.

Selain dua desainer tersebut, perusahaan JQ Garments dari kota yang sama di Filipina juga sempat memproduksi APD berwarna merah muda. Foto para tenaga medis mengenakan APD satu ini dinamai warganet dengan "tampil menawan dengan warna merah muda".

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.