Sukses

Pangling, Bella Saphira Tampil Berbusana Adat Mandailing

Bella Saphira anggun mengenakan busana adat Mandailing, Sumatera Utara, dengan mahkota yang indah.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dari penampilan Bella Saphira dalam beberapa potret yang dibagikan melalui akun Instagram pribadinya. Bella tidak mengenakan kain ulos.

"HORAS!! 👋🏼 Dengan Bangga Saya Memakai Kain Ulos Batak utk Adat Mandailing yg Cantik dan Wow!!," kata Bella Saphira saat menghadiri Malam Puspawarni Indonesia di Hutan Kota by Plataran, baru-baru ini.

Selain ulos, penampilan tampak istimewa dengan bulang yang bertengger di atas kepalanya. Bulang adalah mahkota berbentuk tanduk bertingkat dan biasanya berlapis emas yang biasa dipakai pengantin etnis Mandailing dari Sumatera Utara.

Bulang terdiri dari beberapa tingkat hingga tujuh. Namun, bulang yang dipakai Bella hanya lima tingkat.

Zaman dulu, tingkatan bulang itu menandakan jumlah atau jenis hewan yang akan disembelih saat upacara adat pernikahan. Selain itu, beratnya pun bisa hingga delapan kilogram karena terbuat dari emas asli.

Bulang ini melambangkan tugas atau tanggung jawab tidak ringan yang akan diemban seorang istri dalam kehidupan. Seiring perkembangan, bulang tak lagi seberat zaman dulu, karena terjadi perubahan.

Terlepas dari berat bulang, penampilan Bella Saphira tampak memukau. Hal itu dari banyaknya pujian yang dialamatkan ke istri Agus Surya Bakti itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Busana Adat Lain

Dalam potret yang lain, Bella Saphira mengunggah potret bersama sahabatnya masih mengenakan adat Mandailing. Ia sangat bangga mengenakannya.

"Kita Amat Proud memakainya!🇮🇩❤️," tulis Bella.

Mereka adalah Marini Zumarnis, Coreta Louise Kapoyos, Shantck, dan Fenny Hasan. "@marinizumarnisreal mengenakan busana adat Minang Sumatera Barat. @coreta_louise mengenakan Busana Adat Lampung.@bellasaphiraof ficial mengenakan busana adat Mandailing, Sumatera Utara," jelas Bella.

Sementara itu, dalam potret yang lain, Bella menerangkan tentang busana adat lain yang dipakai sahabatnya, yaitu Shantck mengenakan busana adat Kudus, Jawa Tengah.

"@faradilla2910 mengenakan busana adat Baju Penghulu, Minangkabau, Sumatera Barat. Baju Penghulu hakikatnya berwarna Hitam," jelas Bella.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.