Sukses

Hasil Tes COVID-19 Tamu Hotel Four Seasons Bali Sudah Keluar, Apa Jawabannya?

Liputan6.com, Jakarta - Four Seasons Bali at Jimbaran Bay menyatakan hasil tes tamu yang sempat kontak dengan seorang pasien meninggal akibat COVID-19 sudah keluar. Apa hasilnya?

"Pada tanggal 13 Maret 2020, otoritas kesehatan setempat telah mengkonfirmasi bahwa hasil tes dari salah satu tamu yang menginap di hotel kami adalah negatif," demikian pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (16/3/2020).

Tamu yang berjenis kelamin pria itu menginap di Four Seasons pada 4--8 Maret 2020. Ia kemudian dipindahkan ke rumah sakit pada 8 Maret 2020.

"Sebagai tindakan antisipasi, pria ini ditempatkan di ruang karantina rumah sakit, dikarenakan riwayat kontak langsungnya dengan wanita yang meninggal setelah dikonfirmasi positif COVID-19," kata Four Seasons.

Dengan negatifnya hasil tes COVID-19 tamu asing tersebut, pihak hotel memutuskan untuk mengoperasikan resor seperti biasa. Karyawan yang sempat diperintahkan untuk karantina mandiri, kini dapat kembali bekerja secepatnya.

"Resor juga akan menginformasikan hasil tes ini kepada para tamu," tulis keterangan tersebut.

Meski begitu, Four Seasons Resort Bali mengklaim kembali meningkatkan protokol kesehatan yang sebelumnya cukup ketat mengenai cara-cara pemprosesan makanan, sanitasi, pembersihan kuman dan kebersihan kamar-kamar para tamu serta area publik. Cairan sanitasi anti-bakteri telah diletakkan di area-area di seluruh resor, dan juga masker yang disediakan bila para tamu membutuhkannya.

"Kami juga mengadakanpengecekan suhu badan terhadap seluruh karyawan setiap hari, dan juga telah menyediakan peralatan pendukung untuk memastikan bahwa semua kegiatan sesuai dengan protokol dan panduan kebersihan terbaru," pungkas rilis tersebut.

2 dari 3 halaman

Kabar Pasien Meninggal

Sebelumnya, seorang pasien positif corona baru nomor 25 menjadi korban meninggal pertama di Indonesia. Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Ahmad Yurianto menyampaikan pasien sebagai warga negara asing dalam jumpa pers pada Rabu, 11 Maret 2020.

Pernyataan itu kemudian dikuatkan oleh Sekda Bali dengan mengatakan pasien meninggal merupakan warga negara Inggris yang sedang berlibur ke Bali. Ia tiba di Pulau Dewata sekitar lima hari lalu. Timbul pertanyaan, di mana ia tinggal selama ini?

Hotel Four Seasons Resort at Jimbaran Bay disebut-sebut sebagai tempat ia menginap. Menanggapi hal itu, pihak hotel mengklarifikasi kabar tersebut dengan menyatakan WN Inggris tersebut belum sempat mereservasi diri di Four Season.

"Wanita tersebut jatuh sakit sebelum reservasi di Four Seasons dan langsung dibawa ke rumah sakit dari hotel tempat menginap sebelumnya," demikian pernyataan tertulis Four Seasons Resorts Bali yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Meski begitu, pihak hotel mengakui ada tamunya yang mengkarantina diri karena kontak dengan pasien positif COVID-19 yang meninggal. Pasalnya, tamu tersebut merupakan partner bepergian pasien WN Inggris itu. Ia diketahui tinggal di resor yang berlokasi di Jimbaran, Bali, tersebut pada 4--8 Maret 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Kue Mirip Tisu Toilet Laku Dijual di Jerman
Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia di Urutan ke-4 Sebagai Negara dengan Pemimpin Wanita Terbanyak
Artikel Selanjutnya
Cegah Penyebaran Corona COVID-19, Plaza Indonesia Fashion Week 2020 Ditunda