Sukses

Terbaik di Dunia, Simak Persyaratan Menjadi Pramugari First Class Emirates

Liputan6.com, Jakarta - Awak kabin maskapai penerbangan Emirates sering mendapat penghargaan sebagai yang terbaik di dunia. Selain penampilan yang menawan, para pramugari dan pramugara Emirates pun dikenal punya kemampuan lebih dalam melayani penumpang pesawat.

Dilansir dari Business Insider, pramugari Alexandra Cosoff mengungkapkan kemampuan dan pelatihan apa saja yang diperlukan untuk bisa menjadi salah satunya. Mulai dari jago dandan sampai mengerti kuliner. Simak daftar kemampuan yang dibutuhkan dan persyaratan untuk jadi pramugari Emirates.

Mempelajari Penumpang

Menurut Alexandra, pramugari first class di penerbangan Emirates harus memperlakukan penumpang dengan spesial. Mereka diminta untuk mempelajari para penumpang dan mendekati mereka secara pribadi. Sebelum boarding, pramugari harus mengetahui nama dan detail-detail lainnya, seperti minuman atau majalah favorit.

Mereka semua diminta untuk tahu preferensi pribadi, rencana perjalanan, pilihan makanan dari penumpang first class. Sebelum terbang, ada sesi briefing untuk memastikan para pramugari mengetahui informasi para penumpang VIP.

"Kami juga punya tablet untuk menyimpan informasi tersebut di tangan," ungkap Alexandra.

Menguasai Kuliner

Para pramugari Emirates menyajikan makanan yang tidak biasa, terutama untuk first class. Mereka pun harus mengetahui makanan dan minuman mewah yang dibawakan. Bukan hanya harus tahu namanya tapi juga rasanya untuk bisa merekomendasikan. Sebagai persyaratan menjadi pramugari Emirates, mereka harus mengambil kursus khusus.

"Kami harus bisa menyediakan respon informatif soal pertanyaan apapun yang kami terima dalam pelayanan pelanggan. Kami harus mengakses kursus untuk menguatkan pengetahuan kami saat menawarkan produk di pesawat terutama makanan," ucap wanita asal Australia itu.

Khusus untuk penerbangan first class, pramugari harus bisa memenuhi keinginan penumpang yang bisa memesan apapun yang diinginkan. Menyajikan beragam menu untuk berbagai jenis penumpang juga punya seni tersendiri.

"Ini adalah seni dari first class, bisa mencocokkan penerbangan dengan kebutuhan atau preferensi pelanggan," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Kursus Etika

Sebelum menjadi pramugari, mereka tentu perlu dilatih dengan berbagai kemampuan. Selain kemampuan dan pengetahuan untuk melayani, mereka juga diberi edukasi tentang etika dengan mengikuti beberapa kursus.

"Kami ditawarkan pelatihan praktek dan pengalaman yang akan mempersiapkan kita pada situasi terbang," kata Alexandra.

Harus Pintar Dandan

Bukan rahasia lagi jika pramugari Emirates punya penampilan yang menarik. Mereka pun diminta untuk bisa berdandan dengan baik dan itu bukan hanya untuk wanita. Pramugara juga harus tahu cara menjaga penampilan karena itu mereka juga mengikuti kursus kecantikan.

"Yang kami harus tahu adalah bahwa apapun yang kami kenakan harus serasi dengan seragam merah dan tidak bersinar," ujar pramugari yang juga mengatakan bahwa rambut harus dikonde dengan rapi meski tertutup topi.

Sedangkan untuk pria, rambut juga harus rapi dan konservatif, tidak kebanyakan gel atau wax serta tidak kepanjangan.

Selain itu, beberapa persyaratan umum untuk menjadi pramugari Emirates, antara lain:

- Usia lebih dari 21 tahun

- Lengan bisa menjangkau 212 cm ketika berdiri dan menjinjit

- Tinggi badan minimal 160 cm

- Pendidikan minimal lulusan SMA

- Lancar bahasa Inggris

- Tidak terlihat tato

- Bisa beradaptasi dengan situasi atau orang baru

- Sehat sesuai dengan Indeks MasaTubuh.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Fakta Pelaporan Pramugari Garuda Indonesia Siwi Widi
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Pria Berotot dan 3 Tipe Penumpang yang Jadi Perhatian Utama Pramugari