Sukses

Es Krim Nabati: Bahan Dasar Murni dari Tumbuhan, Cita Rasa Layaknya dari Hewani

Es krim nabati itu dikembangkan salah satu start up dari Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal es krim? Makanan yang umumnya bercita rasa manis ini banyak digemari khususnya oleh kaum perempuan.

Sebagai hidangan penutup, es krim memiliki berbagai macam bentuk dan rasa. Salah satunya es krim berbahan dasar nabati yang dibuat oleh perusahaan start-up di New York, Amerika ini.

Adalah Eclipse Foods, perusahaan yang didirikan oleh Thomas Bowman and Aylon Steinhart ini memiliki tujuan menciptakan produk yang ramah lingkungan dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Berawal dari ide tersebut muncullah es krim nabati ini. 

Dilansir dari laman CNN, Minggu, 22 Desember 2019, es krim nabati ini terbuat dari beberapa tumbuhan seperti jagung, kentang, singkong, gandum, gula, tebu, dan air. Perusahaan yang bekerja sama dengan OddFellows Ice Cream Co. di New York dan Humphry Slocombe di San Francisco ini menghadirkan olahan es krim yang bebas susu.

"Pada prinsipnya, kami mengolah susu nabati dari tumbuhan yang bisa dimakan oleh sapi, bukan susu yang berasal dari sapi itu sendiri," ujar Bowman yang tertulis di laman CNN.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesamaan Rasa

Es krim nabati di OddFellows saat ini baru memiliki dua varian rasa, yaitu misso cherry dan olive oil plum. Namun, tidak menutup kemungkinan ke depannya akan menghadirkan varian rasa lainnya.

Kedua es krim ini memiliki cita rasa yang hampir sama dengan es krim yang menggunakan susu hewani. Bahkan, dari aromanya pun tidak perbedaan yang menonjol di antara keduanya.

Sementara, banyak gerai es krim yang menggunakan susu kedelai atau susu almond sebagai pengganti susu hewani, namun perbedaan rasanya akan terlihat nyata. Namun di OddFellows, pembeli tetap merasakan cita rasa yang  sama dengan susu hewani.

Bowman mengatakan, kemiripan rasa itulah yang menjadikan gerai es krimnya berbeda dengan yang lainnya. Selain itu, produk mereka pun bebas dari bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi bagi pengonsumsinya. (Tri Ayu Lutfiani)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.