Sukses

Menumbuhan Percaya Diri Bagi Pejuang Kanker Payudara Lewat Fashion

Menumbuhan Percaya Diri Bagi Pejuang Kanker Payudara Lewat Fashion

Liputan6.com, Jakarta - Tampil percaya diri dalam situasi apa pun sangat penting bagi wanita. Hal itu yang mendasari kolaborasi antara MDIS School of Fashion dengan Shunji Matsuo melalui Shunji Matsuo Makeover Magic 2019 yang diadakan pada 29 Oktober 2019.

Makeover Magic ini bertujuan untuk merayakan keindahan proses penuaan, dan juga memberi kesempatan bagi wanita dewasa untuk bergaya dan percaya diri sekali lagi.

Tahun ini, Makeover Magic juga berkolaborasi dengan Breast Cancer Foundation Singapore (BCF), sebuah organisasi nirlaba, dalam inisiatif Pink Ribbon mereka.

Dengan misi untuk memberantas kanker payudara sebagai penyakit yang mengancam jiwa, BCF juga memainkan peran aktif dalam mendidik, meningkatkan kesadaran akan kanker payudara dan memberikan dukungan bagi wanita yang didiagnosis, dan selamat dari kanker payudara, serta keluarga mereka.

Pejabat Kepala MDIS School of Fashion and Design, Aven Kee, mengatakan kolaborasi ini berbeda dari yang sebelumnya. “Kolaborasi ini sangat bermakna dan menciptakan peluang besar bagi semua siswa kami untuk menunjukkan bakat mereka. Eksekusi skala program inilebih besar dibandingkan dengan proyek-proyek sebelumnya,” tutur Aver Kee.

“Mahasiswa tidak hanya menyerahkan tugas mereka, tetapi juga mendapatkan kesadaran tentang kanker payudara. Melalui kolaborasi semacam itu, siswa dapat lebih memahami nilai pekerjaan mereka dan kontribusi mereka kepada masyarakat,” sambungnya.

Mahasiswa MDIS School of Fashion and Design membuat pakaian untuk menciptakan tiga penampilan dengan tema yang berbeda - Kimono, Fashionista atau Gaun dengan bahan yang dapat didaur ulang, dan merekonstruksi kostum lama yang disumbangkan oleh Shunji Matsuo dari showcase Magic Makeover sebelumnya.

Pakaian-pakaian ini dicat dengan tangan atau disemprot dengan berwarna merah muda, sebagai bentuk dukungan terhadap Proyek Pita Merah Muda.

Sebagian mahasiswa melukis, pesan harapan untuk para wanita dalam kreasi mereka, termasuk "prajurit" dan "yang selamat", untuk menggambarkan semangat yang luar biasa dari para pejuang kanker payudara yang telah selamat.

“Sangat menyenangkan bekerja dengan para pejuang kanker payudara yang selamat, karena keberanian mereka sangat menginspirasi. Kami bekerja sama dengan mereka pada proyek ini dan mendorong mereka untuk percaya diri saat memodelkan kreasi kami juga,” ucap Charis Tan, mahasiswa tahun terakhir BA (Hons) programFashion Design dengan MDIS.

Mereka menata model yang selamat dari kanker payudara dengan pakaian yang dibuat selama pemotretan Pink Ribbon di kantor pusat Canon pada 30 Agustus 2019. Pemotretan itu juga didukung oleh kosmetik dan sponsor perhiasan dari Dr GL, The Make Up Room dan Goldheart Jewellery.

Kreasi Pink Ribbon oleh mahasiswa tahun ke-3 juga dipamerkan selama Shunji Matsuo Makeover Magic Fashion Show pada29 Oktober 2019, bersama dengan presentasi oleh mahasiswa fashion MDIS tahun 1 dan tahun 2.

Untuk menentukan pemenang kreasi pakaian dari bahan yang dapat didaur ulang, maka dilakukanlah pemungutan suara (voting) publik online, sebelum di sebelum Fashion Show dimulai, dan para pemenang akan diumumkan dalam acara tersebut sendiri.

Panel juri yang terdiri dari personel dari Shunji Matsuo, The Make Up Room dan the Breast Cancer Foundation, juga mempertimbangkan keputusan untuk pemenang keseluruhan. Mahasiswa kami Khvan Mariya, Nan Lao Tip Oo dan Noh Yubin memenangkan hadiah pertama dengan koleksi mereka yang berjudul "Hope Love Life”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini