Sukses

Daftar Makanan yang Paling Buat Kecanduan, Apa Saja?

Berdasarkan penelitian, ada sederet makanan yang dapat menyebabkan kecanduan.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara ragam kegiatan yang paling banyak disukai orang-orang, makan tentunya tak tertinggal dan masuk dalam daftar. Apalagi, ada begitu banyak pilihan makanan yang dapat disantap sesuai kesukaan.

Dilansir Healthline, Rabu (11/12/2019), hingga 20 persen orang mungkin memiliki kecanduan makanan atau menunjukkan perilaku makan yang membuat kecanduan. Jumlah ini bahkan lebih tinggi di antara orang dengan obesitas.

Kecanduan makanan melibatkan ketagihan pada makanan dengan cara yang sama seperti seseorang dengan gangguan penggunaan narkoba yang menunjukkan kecanduan pada suatu zat tertentu.

Orang dengan kecanduan makanan melaporkan, mereka tidak dapat mengendalikan konsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan lebih cenderung menyebabkan gejala kecanduan daripada yang lain.

Para peneliti di University of Michigan mempelajari kecanduan pada makanan pada 518 orang. Mereka menggunakan Yale Food Addiction Scale (YFAS) sebagai pengukur. Alat ini paling umum digunakan untuk menilai kecanduan makanan.

Semua peserta menerima daftar 35 makanan, baik olahan maupun tidak. Mereka menilai seberapa besar kemungkinan mereka mengalami masalah dengan masing-masing dari 31 makanan, pada skala 1 atau sama sekali tidak ketagihan hingga 7 atau sangat kecanduan.

Dalam studi ini, 7--10 persen peserta didiagnosis dengan kecanduan makanan yang berkembang sepenuhnya. Selain itu, 92 persen peserta menunjukkan perilaku makan yang membuat kecanduan terhadap beberapa makanan. Mereka berulang kali memiliki keinginan untuk berhenti memakannya, tetapi tak mampu melakukan itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Makanan yang Paling Buat Kecanduan dan Tidak Buat Kecanduan

Maka dari itu, tidak heran jika sebagian besar makanan yang dianggap adiktif adalah makanan olahan. Makanan-makanan ini biasanya tinggi gula atau lemak atau keduanya.

Jumlah yang mengikuti setiap makanan adalah skor rata-rata yang diberi dalam studi dengan skala satu hingga tujuh.

18 Makanan yang Buat Kecanduan:

1. Pizza

2. Cokelat

3. Keripik

4. Kue-kue kering

5. Es krim

6. Kentang goreng

7. Burger keju

8. Minuman soda

9. Cake

10. Keju

11. Bacon

12. Ayam goreng

13. Roti gulung

14. Popcorn

15. Sereal sarapan

16. Permen

17. Steak

18. Muffin

 

17 Makanan yang Tidak Buat Kecanduan:

1. Mentimun

2. Wortel

3. Kacang polong

4. Apel

5. Nasi merah

6. Brokoli

7. Pisang

8. Salmon

9. Jagung

10. Stroberi

11. Granola bar

12. Air

13. Crackers

14. Pretzels

15. Dada ayam

16. Telur

17. Kacang-kacangan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.