Sukses

9 Alasan Produk Komunikasi Ini Jadi Favorit Banyak Orang

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini banyak ponsel dari berbagai merek dengan sistem operasi Android yang beredar di pasaran. Dari banyaknya merek ponsel tersebut, Samsung menjadi pilihan terbaik yang menjadi idaman setiap orang.

Samsung dikenal sebagai produsen ponsel Android terbesar di dunia. Meski begitu, popularitas yang didapatkan HP Samsung saat ini tidak melalui proses mudah. Perjalanan perusahaan yang dibentuk oleh Lee Byung-chul (1910-1987) pada 1938 ini menjadi produsen ponsel Android terbesar di dunia ini membutuhkan waktu relatif panjang.

Sejak dekade 90-an, Samsung sebenarnya telah merilis pnsel sebagai bagian dari pengembangan produknya. Pada 1993, mereka mulai mengembangkan ponsel bernama SCH-800 GSM yang menyediakan Jaringan CDMA.

Setelah itu, di tahun- tahun berikutnya, mereka terus mengembangkan produk HP hingga era handphone pintar menjelang abad ke- 20. Meningkatnya popularitas Samsung di dunia ponsel pintar dimulai pada 27 April 2009. Ketika itu, Samsung meluncurkan ponsel dengan sistem operasi Android pertamanya, yaitu Samsung i7500.

Ponsel ni menawarkan layar sentuh AMOLED berukuran 3.2 inci. Sistem operasi Android yang digunakan pada handphone ini adalah OS Android Cupcake 1.5. Setelahnya, keberhasilan mereka dengan menggunakan sistem Android dimulai dengan peluncuran Samsung Galaxy S. Handphone ini diluncurkan oleh Samsung pada Maret 2010.

Ketika itu, tingkat penjualan ponsel ini diketahui cukup tinggi dan meningkatkan popularitas merek Samsung. Pada Januari 2011, Samsung berhasil menjual handphone ini sebanyak 10 juta unit. Keberhasilan tersebut pun terus berlanjut pada produk ponsel Samsung setelah Galaxy S.

Beberapa produk mereka yang sukses lainnya yaitu Samsung Galaxy S II dan Samsung Galaxy S III. Tak hanya itu, beberapa handphone Galaxy lainnya juga memperoleh sambutan tinggi di pasaran. Produk-produk tersebut seperti Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Young, dan Samsung Galaxy Note.

Seusai kesuksesan produk-produknya tersebut, Samsung sebenarnya telah mengembangkan sebuah sistem operasi sendiri yang disebutnya sebagai OS Bada. Penamaan OS (Operating System) tersebut pun diambil oleh Samsung dari bahasa Korea yang memiliki arti lautan.

Pada April 2010, Samsung meluncurkan handphone pintar berbasis sistem operasi Bada pertamanya, yakni Samsung Wave S8500. Handphone ini dilengkapi prosesor single core 1 GHz dengan GPU PowerVR SGX 540. Pada bagian layar, handphone ini dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 3.3 inci serta kemampuan untuk merekam video berkualitas HD (High Definition) 720p.

Ponsel ini juga mampu terjual sebanyak 1 juta unit dalam empat minggu pertamanya.Seiring waktu, ternyata handphone tersebut punya tingkat penjualan yang kurang baik. Samsung akhirnya memutuskan bahwa mereka tidak akan melanjutkan pengembangan OS Bada.

Samsung pun beralih untuk mengembangkan handphone dengan OS Tizen yang juga mereka kembangkan sendiri. Selain itu, Samsung juga sempat merilis ponsel pintar lainnya yang menggunakan OS Windows Phone 7. Lalu ponsel dengan sistem operasi Windows Phone pertama yang diluncurkan oleh adalah Samsung Omnia 7.

Namun, tingkat penjualan sejumlah ponsel ini masih belum bisa menyaingi tingkat penjualan Samsung Galaxy.Karena itu, seri Galaxy yang menggunakan sistem operasi Android ini akhirnya turut membesarkan merek Samsung di ranah ponsel pintar, termasuk di Indonesia sendiri.

Populernya seri Galaxy tersebut juga ditengarai karena Samsung terus menerus menelurkan produk ponsel Android untuk berbagai segmen. Dari mulai segmen kelas low end sampai kelas high end, semua tersedia. Bisa dibilang, ponsel Android Samsung ada dari mulai yang termurah, harga kelas menengah, dan jelas yang di segmen harga paling mahal.

Tak heran, hal itu membuat ponsel Samsung jadi idaman bagi setiap orang untuk memilikinya. Berikut ini 9 alasan kenapa Samsung jadi ponsel idaman bagi setiap orang:

1. Branding

Alasan pertama yang juga terpenting bagi banyak orang untuk memilih ponsel Samsung adalah branding. Saat ini, Samsung telah memiliki citra yang kuat dan positif untuk segmen ponsel pintar. Pasalnya, merek Samsung sekarang ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat.

Samsung juga memiliki citra yang kuat dan positif untuk produk elektronik lainnya seperti TV, lemari pendingin ruangan, mesin cuci, dan aneka produk lainnya. Apalagi, naik popularitas merek Samsung di segmen handphone pintar bisa dibilang karena menjadi salah satu pengguna sistem operasi Android yang pertama.

Kala itu, sistem operasi Android dihadirkan Google untuk “menantang” sistem operasi iOS yang diciptakan Apple untuk HP iPhone. Dengan citra merek yang sudah lama dikenal dan tertanam kuat tersebut, sudah dipastikan akan membuat banyak orang percaya pada Samsung. Jadi ketika Samsung menelurkan sebuah produk, orang tidak akan ragu lagi untuk membeli HP Samsung. Dengan branding yang kuat tersebut, tak heran Samsung dikenal sebagai produsen handphone pintar terkemuka di dunia.

2. Iklan

Alasan kenapa ponsel Samsung jadi idaman bagi setiap orang selanjutnya yaitu iklannya yang terbilang masif di berbagai tempat. Samsung memang terbilang sebagai produsen handphone pintar yang sangat efektif dalam membelanjakan iklan sehingga mereknya sukses dan tertanam kuat di mata konsumen.

Samsung tak pernah tanggung-tanggung dalam beriklan. Setiap merilis produk smartphone terbaru, iklannya selalu tersebar di berbagai macam media, baik media cetak, media elektronik, media sosial, media online, bahkan poster reklame di berbagai jalan. Bahkan, Samsung memasang iklan di lebih dari 58 negara.

Karena hal itu, merek Samsung dikenal oleh banyak orang di Dunia. Hal ini bisa dibilang turut mempengaruhi pikiran orang-orang tentang definisi dari sebuah handphone pintar yang berkualitas. Reputasi Samsung saat ini identik dengan handphone pintar dengan kualitas terbaik di pasaran.

3. Punya Banyak Model

Alasan lainnya kenapa HP Samsung jadi idaman bagi setiap orang adalah punya beragam model yang ditawarkan. Tak heran, Samsung memang dikenal sebagai produsen handphone pintar yang menargetkan ke semua segmen pasar. Mulai dari ponsel pintar dengan fitur paling canggih, smartphone dengan budget minimalis, hingga perangkat tablet juga dihadirkan lewat seri Samsung Galaxy Tab.

Samsung menghadirkan ragam produk yang dapat disesuaikan tergantung dari kebutuhan masing-masing konsumen. Model dan warna yang dihadirkan oleh Samsung juga terbilang sangat menarik sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

4. Model yang Simpel dan Mengikuti Tren

Samsung dikenal sebagai produsen ponsel pintar yang memiliki style yang khas dan menarik. Tiap produk mereka yang dirilis selalu mengedepankan model yang simpel dan minimalis buat para penggunanya. Meski begitu, model yang simpel dan minimalis tersebut tetap disesuaikan oleh Samsung berdasarkan fungsinya.

Samsung dikenal mempunyai pattern yang khas dan unik pada produk-produknya sehingga menjadi favorit buat para konsumen yang menyukai fashion. Desainnya yang elegan terbilang sangat cocok untuk menunjang penampilan sehari-hari dalam beraktivitas. Selain itu, Samsung juga menghadirkan UX (User Experience) yang sangat mudah dioperasikan oleh penggunanya.

5. Rajin Berinovasi dan Menelurkan Teknologi Terbaru

Samsung diketahui sangat rajin berinovasi dan menelurkan teknologi-teknologi terbaru dalam segmen ponsel pintar. Bahkan, di Indonesia, Samsung telah membuat pabriknya yang dikenal dengan SEIN (Samsung Electronics Indonesia) sejak 1991. Tidak hanya pabrik, Samsung juga mendirikan R&D (Research and development) di Indonesia.

Pendirian R&D ini dikarenakan Samsung ingin terus mengembangkan berbagai produk yang inovatif, terutama di segmen handphone pintar. Merek bahkan telah mendirikan R&D khusus AI (Artificial Intelligence) khusus mobile dan elektronik.Tidak heran, HP Samsung umumnya hadir dengan teknologi terkini yang bahkan kerap menghasilkan inovasi yang kemudian ditiru oleh merek HP lainnya.

Misalnya, HP flagship dari Samsung yang rata-rata selalu menghadirkan inovasi dan teknologi terkini yang kemudian diikuti oleh para pesaing. Bisa dibilang, Samsung selalu menjadi pionir dalam menghadirkan inovasi dan teknologi di ranah handphone pintar.

6. Menggunakan Komponen Pilihan Terbaik

Tidak hanya terbantu oleh citra mereknya yang meningkat karena belanja iklan masif, Samsung memang terbilang sebagai produsen handphone pintar dengan kualitas baik. Umumnya produk-produk Samsung dihadirkan pada kelas flagship, tingkat kedua ada di kelas middle-end.

Produk-produk terbaik dari Samsung sering menarik banyak orang untuk membelinya seperti seri Samsung Galaxy S dan Samsung Galaxy Note. Untuk kelas middle-end, ada Samsung Galaxy A series yang juga menarik perhatian.

Bahkan seri A ini naik tingkat kualitas dan spesifikasinya sejak dirilisnya Samsung Galaxy A8 2018 dan Samsung Galaxy A8+ 2018. Karena itu, komponen-komponen yang tersemat pada HP Samsung, terutama untuk smartphone kelas atas umumnya adalah komponen pilihan terbaik.

7. Layanan Purnajual yang Kredibel

After Sales Service atau layanan purnajual Samsung adalah salah satu layanan purnajual terbaik untuk segmen handphone pintar. Sebagai informasi, Samsung menyediakan layanan yang disebut My Samsung Service.

Layanan ini bisa diakses masyarakat untuk keperluan call center selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Kamu bisa dengan mudah membawa HP Samsung yang rusak ke service center resmi Samsung yang tersebar di berbagai kota besar untuk menebus garansi. Perlu diketahui, pelayanan garansi di Samsung termasuk yang paling cepat dan mudah.

8. Rutin Merilis Ponsel Android Baru

Alasan kenapa HP Samsung jadi idaman bagi setiap orang berikutnya yakni karena produsen handphone pintar asal Korea Selatan ini tergolong rutin menelurkan produk baru.

Samsung diketahui rutin merilis produk handphone pintar dengan mengikuti perkembangan teknologi atau tren terbaru pada tiap tahunnya. Apalagi dengan citra mereknya yang sudah positif di mata masyarakat, ketika merilis produk handphone pintar terbaru pun, harga produk handphone pintar yang lama dari Samsung tidak otomatis turun.

Tentu saja hal ini menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi para konsumen. Hal ini juga dilandasi karena banyaknya orang yang berburu HP Samsung, termasuk versi bekasnya alias HP second.

9. Citra Mereknya Bersaing dengan iPhone di Kelas Premium

Sebagai produsen raksasa di ranah handphone pintar, citra merek dari Samsung bersaing dengan iPhone keluaran Apple di kelas premium. Karena itu, Samsung tentu tak mau kalah saing dengan rivalnya, Apple.

Akhirnya, muncul persaingan teknologi smartphone dari kedua “raksasa” ini. Apalagi keduanya sering terlibat dalam permasalahan hak paten. Ibaratnya jika Apple bisa menjual iPhone dengan harga yang tinggi, Samsung tentu juga bisa menjual handphone pintar seri Galaxy-nya dengan harga yang tinggi.

Karena alasan inilah, terutama untuk kelas flagship, Samsung tak main-main dalam menghadirkan handphone pintar berkualitas terbaik. Sama seperti iPhone, saat ini orang yang menggunakan handphone pintar kelas flagship cenderung dilihat memiliki prestise yang sama.

Loading
Artikel Selanjutnya
Fantastis, Smartphone Realme Cetak Rekor Skor Tertinggi di AnTuTu
Artikel Selanjutnya
Pocophone F1 Sudah Bisa Cicipi Android 10