Sukses

Langkah-Langkah Bersihkan Saluran Bak Cuci Piring Pakai Baking Soda

Liputan6.com, Jakarta - Saluran bak cuci piring yang tersumbat tentu sangat menganggu. Sebabnya bisa banyak sekali, tapi minyak dan lemak daging yang menempel, lalu mengeras, hampir selalu jadi biang kerok di balik kondisi tak menyenangkan tersebut.

Daripada menggunakan cairan pembersih khusus, sebaiknya Anda mulai beralih ke bahan pembersih ramah lingkungan, yaitu baking soda. Selain alami, baking soda juga dipercaya bisa menghilangkan bau tak sedap.

Dekoruma akan menerangkan langkah-langkah untuk melancarkan saluran bak cuci dengan baking soda.

Bahan-bahan: Sediakan satu boks baking soda, satu cup cuka putih, tiga cup air hangat, dan sabun cair antilemak.

Sabun cair antilemak akan membantu melunturkan lemak dan minyak yang menempel di saluran air. Tentu, sabun ini tidak akan mendominasi proses pelancaran saluran karena sabun kimiawi memiliki tingkat bahaya lebih tinggi daripada baking soda.

2 dari 3 halaman

Langkah Pembersihan

Tuang air panas dan sabun antilemak ke dalam saluran air

Masukkan sedikit sabun antilemak ke dalam saluran. Kemudian, tuangkan air panas secukupnya. Kombinasi keduanya akan membantu proses pelunturan minyak.

Taburkan baking soda dan cuka putih ke dalam saluran

Masukkan satu cup bubuk baking soda ke dalam saluran. Jangan sampai berceceran di area bak lain. Kemudian, tuangkan satu cup cuka putih ke dalam saluran. Akan ada reaksi antara baking soda dan cuka putih dalam bentuk gelembung.

Tuangkan kembali air panas

Setelah gelembung mulai hilang, diamkan selama lima menit. Lalu, tuangkan dua cup air panas lagi. Apabila setelah proses ini air tetap berjalan lambat, ulangi lagi langkah-langkah tersebut dari awal.

Jika Anda belum pernah melakukan trik ini pada saluran bak cuci, sebaiknya lakukan sebanyak dua kali. Setelahnya, rutinlah membersihkan saluran seminggu sekali menggunakan air panas dan sabun antilemak yang biasa dipakai untuk mencuci piring.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Halau Tungau dari Kasur Tanpa Jasa Profesional
Artikel Selanjutnya
Simak, Barang yang Boleh dan Tidak Dimasukkan ke Dalam Garasi