Sukses

4 Negara Pilihan Kadek Arini yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki akhir tahun, Anda sudah boleh mempersiapkan liburan. Anak sekolah dan kantor yang mendapatkan jatah libur sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata agar penat hilang.

Bila Anda memiliki keinginan untuk jalan-jalan ke luar negeri, Anda harus lebih mempersiapkan diri dan melakukan riset karena adanya perbedaan cuaca. Terbiasa tinggal di Indonesia yang notabene panas membuat tubuh harus beradaptasi lagi bila di lingkungan yang dingin.

Tentu Anda tidak ingin kenyamanan saat liburan terganggu karena kondisi lingkungan yang tak ramah pada Anda. Hal ini dirasakan sendiri oleh seorang travel enthusiast, Kadek Arini. Dia mengungkapkan bahwa cuaca di luar negeri kebanyakan terbalik dengan Indonesia sehingga harus cermat memilih destinasi liburan akhir tahun.

Bila di Indonesia pada akhir tahun lekat dengan musim hujan, di luar negeri justru mengalami musim semi. "Kalau di sini lagi hujan-hujannya, di sana lagi mau autumn. Lagi bagus-bagusnya malah, daun merah semua. Kalau winter juga bagus di sana, hal yang enggak biasa di Indonesia," tutur Kadek saat ditemui dalam Bincang Shopee yang dilaksanakan pada Sabtu, 2 November 2019.

Karenanya, Kadek Arini memberikan rekomendasi empat negara yang patut dikunjungi saat akhir tahun.

 

2 dari 4 halaman

1. Vietnam

Negara pertama yang disarankan adalah Vietnam, tepatnya di Hanoi. Hal ini karena cuaca di sana tidak berbeda jauh dengan Indonesia, yakni tropis dan pada akhir tahun juga memasuki musim hujan. Namun, Kadek mengatakan curah hujannya tidak sebanyak di Indonesia.

"Hanoi tuh bulan-bulan segini cuacanya lagi adem, enak buat jalan kaki. Hujannya enggak terlalu banyak, cuma memang mendung. Kalau buat orang yang enggak suka panas, itu oke banget," ujarnya lagi.

2. Korea atau Jepang

Negara kedua yang menjadi rekomendasinya adalah Korea atau Jepang. Kedua negara ini memiliki kondisi cuaca yang serupa, yakni musim gugur ke musim dingin. Bila Anda berminat untuk menikmati musim gugur, dapat datang di bulan September hingga November. Jika ingin menikmati musim dingin, bisa datang saat Desember hingga Februari.

"Kalau misal mau autumn, ke Jepang dan Korea tuh lagi bagus-bagusnya nih sekarang. Banyak festival juga, festival musim gugur yang kita belum pernah lihat," tambah Kadek.

3 dari 4 halaman

3. Cina

Bergeser sedikit, Kadek juga mengatakan bahwa Cina bisa menjadi salah satu pilihan. Terlebih, bila Anda ingin menikmati musim dingin yang tidak dialami Indonesia. Dia mengatakan bahwa di sana, biasanya banyak festival es.

"Kayak akhir tahun, Desember hingga Januari lagi banyak festival es. Kayak tahun lalu aku ke Harbin di Cina, ada festival es terbesar di dunia. Atau kita bisa main salju," terang istri dari Nyoman Agastyasana ini.

4. India

India juga menjadi pilihan Kadek untuk berlibur saat akhir tahun. Namun, harus pintar-pintar juga memilih kota yang dikunjungi. Dia mengatakan jika biasanya di India suhunya bisa mencapai 50 derajat Celsius, saat akhir tahun seperti ini akan turun sampai 15-17 derajat Celsius.

Dia merekomendasikan untuk mengunjungi daerah pusat atau selatan India, seperti New Dehli, Agra, Jaipur dan Jalsamer. "India tuh banyak banget sih, cuma kalau akhir tahun, dia bagusnya sih di daerah Jaipur, Jalsamer. Kalau mau ke India Utara, sekarang lagi tutup karena saljunya terlalu lebat, harus Juni atau Juli," pungkas Kadek. (Novi Thedora)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Koleksi Produk IKEA Bergaya Serba Skandinavia untuk Meriahkan Liburan Akhir Tahun
Artikel Selanjutnya
Perhatikan Hal-Hal Penting Ini Sebelum Berkendara Jarak Jauh