Sukses

Menikmati Keindahan Alam Belitung Melalui Olahraga Triathlon

Selain lewat wisata, mempromosikan Belitung juga melalui olahraga triathlon yang terdiri dari lomba sepeda, renang dan lari.

Liputan6.com, Jakarta - Belitung punya sejuta pesona keindahan alam yang luar biasa. Minat seseorang untuk mengunjungi kepulauan ini semakin tinggi. Pemicu utamanya, Belitung pernah menjadi setting film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Keindahan alam Bangka Belitung diperlihatkan lewat film ini. Berkat kesuksesan film tersebut, minat untuk mengunjungi aneka paket wisata Bangka dan Belitung terus meningkat.

Selain lewat wisata, mempromosikan Belitung juga melalui olahraga yaitu triathlon yang terdiri dari lomba sepeda, renang dan lari. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Belitung akan menggelar Belitung Triathlon pada 15 Desember 2019 di Tanjung Tinggi, Belitung.

Para peserta akan mengikuti olahraga triathlon, yaitu kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga renang, balap sepeda, dan lari, yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.

Untuk merealisasikan event Belitung Triathlon 2019, sekumpulan pencinta Triathlon mengadakan acara Press Conference and Community Gathering di FX Sudirman, Jakarta, 23 Oktober 2019.

Acara tersebut dihadiri Ketua KONI Kabupaten Belitung, Ir. Amin Nurrachman. Lalu ada dari pihak IndoRace, Husni Kamil (Race Director), Founder Indonesia Triathlon Series (ITS), Zacky Badrudin, dan Muhammad Farhan selaku pelaku hobi sport tourism.

"Alam Belitung yang indah dan triathlon yang menantang menjadi perpaduan yang sangat unik yang didambakan oleh peserta. Para peserta dari berbagai daerah di Indonesia dipastikan hadir memeriahkan event ini," tutur Penanggung Jawab Belitung Triathlon 2019 yang juga Ketua KONI Kabupaten Belitung, Ir. Amin Nurrachman.

Menurut Amin, Belitung punya banyak spot menarik untuk kegiatan sport tourism. Alamnya indah dan lingkungannya termasuk aman bagi wisatawan.

Sementara itu, Zacky Badrudin menyebutkan ada sekitar 100-300 peserta yang bakal berpartisipasi pada acara ini. Pihaknya sudah mendapatkan respons baik dari jaringan-jaringan di luar negeri seperti di Singapura dan Malaysia.

Para peserta yang mengikuti lomba ini harus meraih poin terbanyak dalam seri lomba yang bakal digelar di lokasi berbeda. Belitung Triathlon 2019 akan menggelar lomba-lomba dengan kategori: Sprint Distance dan Standard Distance dengan memperebutkan total hadiah sebesar 170 juta rupiah.

Artis dan presenter yang sekarang menjadi anggota DPR, Muhammad Farhan juga berencana mengikut event menarik ini. Menurut pria yang belakangan makin aktif mengikuti lomba olahraga termasuk triathlon, Belitung punya daya tarik luar biasa untuk acara sport tourism.

"Belitung punya banyak daya tarik. Kalau saya berada di Negeri Laskar Pelangi ini, rasanya masih banyak yang alami, harga tiket tidak terlalu mahal, kulinernya enak. Matahari senjanya indah, nyaman juga untuk bersepeda karena jalannya mulus. Makanya saya mau ikutan triathlon di Belitung nanti," tutur Farhan.

Belitung atau Belitong terletak di provinsi Bangka Belitung (Babel), Belitung yang biasa disebut juga negeri Laskar Pelangi memiliki banyak potensi alam yang luar biasa. Sumber daya alam berupa timah serta hasil laut menjadi sumber kehidupan sebagaian besar masyarakatnya sejak dulu.

Selain timah, Belitung juga terkenal dengan pantainya yang berpasir putih. Salah satunya adalah Tanjung Tinggi yang akan menjadi tempat digelarnya Belitung Triathlon 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.