Sukses

Kenang The Beatles, Jalan di Amerika Disulap Jadi Kawasan Wisata

Liputan6.com, Jakarta - Grup musik legendaris The Beatles memang sudah bubar sejak 1970, tapi mereka masih punya banyak penggemar dari berbagai generasi. Bahkan, sejumlah lokasi yang berkaitan dengan grup asal Liverpool, Inggris ini masih tetap ramai dijadikan kawasan wisata.

Salah satunya berkat sampul album Abbey Road yang dirilis pada 1969 yang sangat ikonik. Dalam foto album tersebut, keempat personel The Beatles, John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr berpose sambil menyeberangi jalan di Abbey Road, London, tepat di luar studio rekaman EMI.

Foto tersebut diambil oleh fotografer asal Skotlandia, Stewart Macmillan. Sejak saat itu sampai sekarang, banyak orang yang menirukan pose ala The Beatles tersebut.

Bahkan pada 8 Agustus 2019, diadakan peringatan 50 tahun pemotretan sampul album Abbey Road di tempat tersebut. Perayaan tak hanya berlangsung di Inggris, tapi juga di Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Variety, 19 September 2019, untuk merayakan lima dekade peluncuran album tersebut, jalan Vine St, yang sangat populer di Hollywood Boulevard bakal dipoles menyerupai zebra cross Abbey Road Studios di London.

Tempat tersebut dipilih karena berdekatan dengan menara Capitol Records, salah satu tempat perilisan album Abbey Road pada 26 September 1969.  Rencananya, para penggemar The Beatles akan bisa menyeberang jalan seperti di Abbey Road di Vine St selama satu hari saja, tepatnya pada 26 September 2019.

2 dari 3 halaman

Perilisan Album Abbey Road

Selain itu, Lalu di menara Capitol Records akan digelar acara perilisan album Abbey Road: Anniversary Edition. Di dalam paket album ulang tahun ke-50 ini terdapat versi album yang baru di-remix dan lagu-lagu yang tidak masuk album pada 1969 lalu.

Menurut pihak The Beatles Universal, bakal ada lapisan vinil tebal antilicin yang ditempelkan di Vine St untuk menciptakan empat zebra cross Abbey Road. Lalu, ada empat panel foto suasana Abbey Road yang dibuat dua sisi setinggi delapan kaki yang menjadi latar belakangnya.

Di situ, penggemar bisa mengambil foto dan video. Setelah ditutup untuk perayaan mulai pukul 13.00 sampai hingga 15.30 waktu setempat, simpang Vine St akan dibuka kembali.

Aktor asal Inggris Sir Patrick Stewart yang dikenal lewat film X-Men, akan menjadi pembawa acara. Di luar tempat foto ala Abbey Road, masih ada tempat wisata The Beatles lain.

Ada toko pop-up Beatles yang dikuratori oleh Amoeba Music, truk makanan, cup cake "Abbey Road", dan item takeaway yang gratis dan eksklusif bisa didapatkan penggemar The Beatles selama persediaan masih ada.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: