Sukses

4 Inovasi Rumah Pintar yang Bikin Anda Tenang Saat Tinggalkan Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Resah akan peliharaan yang mungkin kelaparan, tanaman rusak, dan maling bisa saja masuk ke rumah selalu membayangi Anda? Tenang, lataran dengan inovasi rumah pintar, kekhawatiran ini sangat mungkin berkurang atau hilang sama sekali.

Melansirkan dari South China Morning Post, Selasa, 10 September 2019, Internationale Funskausstellung (IFA) Berlin belum lama ini memamerkan berbagai jenis inovasi teknologi, termasuk beberapa rumah pintar yang sangat efektif.

CatsPad

Katakan selamat tinggal pada rasa khawatir dengan kondisi kucing di rumah! CatsPad adalah dispenser makanan dan air otonom yang dapat dikontrol pemilik lewat gawai. Ada air mancur didukung tangki yang mampu menampung hingga enam liter air.

Air dari tempat ini akan keluar setiap kucing mendekati mangkuk. Selain itu, di dalamnya juga ada satu ember makanan kucing sebanyak 1,6 kilogram (kg) yang dapat diatur untuk dikeluarkan secara bertahap.

CatsPad bisa memfasilitasi sampai lima kucing. Anda cukup meletakkan radio RFID kecil di kerah kucing dan CatsPad akan mengidentifikasi mereka. Mengutip dari laman resminya, CatsPad dibanderol 429 dolar Amerika atau setara Rp6,4 juta.

Taman Pintar

Taman pitar dari perusahaan Perancis Veritable, Connect, siap menangani tanaman aromatik, bunga, serta sayuran yang akan dirawat, tanpa perlu input dari Anda. Cara kerjanya menggunakan unit otomatis jumlah cahaya, nutrisi, dan air yang didapat tanaman dari tangki air selama tiga minggu sebelum harus diisi secara manual.

Selain itu, Taman Pintar juga bisa membantu Anda menanam basil manis, keriting peterseli, daun bawang, dan tomat ceri. Dari laman resminya, salah satu inovasi rumah pintar ini dihargai 302 dolar Amerika atau setara Rp4,3 juta.

2 dari 3 halaman

Inovasi Rumah Pintar

Netatmo Sistem Alarm Cerdas

Lupa menutup jendela, tapi sudah berada jauh dari rumah? Anda bisa menutupnya dengan Netatmo Sistem Alarm Cerdas. Terdiri dari kamera, sirene, dan sensor jendela, inovasi ini memudahkan Anda mengatur rumah.

Semua alat mengambil gerakan dan mengirim pemberitahuan melalui aplikasi. Sensor dapat memberitahu jika jendela dibiarkan terbuka selama waktu tertentu.

Kameranya memiliki sensor gerak yang mendeteksi gerakan, tapi dapat mengenali wajah keluarga dan teman Anda. Sirenenya juga mencapai 110 desibel.

Dikutip dari laman resminya, untuk membeli masing-masing alat, Anda perlu mengeluarkan 200 dolar Amerika atau Rp3 juta untuk kamera, 80 dolar Amerika atau Rp1,2 Juta untuk sirene, dan 100 dolar Amerika atau setara dengan Rp1,5 juta untuk sensor jendela.

Minut Point Alarm Rumah Pintar

Minut Point sepenuhnya bergantung pada suara. Konsepnya bertumpu pada sensor yang terlihat seperti alarm sederhana dan dipasang dengan mudah, biasanya di langit-langit. Alat ini mendeteksi suara, gerakan, suhu, tekanan udara, dan kelembapan.

Jika ada penyusup, alarm membunyikan 90 disabel. Tapi, yang paling penting, semuanya bisa diatur lewat gawai. Minut Point juga mendeteksi alarm lainnya, seperti asap dan karbondioksida. Pemberitahuan bisa dikirim melalui aplikasi untuk Android dan IOS.

Melansir dari laman resminya, Minut Point bisa didapatkan dengan harga 159 dolar Amerika atau setara Rp2,4 juta.

(Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading