Sukses

5 Minuman Khas Papua, Segar dan Menyehatkan

Karena kesegarannya, lima minuman khas Papua juga disukai masyarakat lain. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Papua menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keyaan berlimpah. Bukan hanya kaya dalam sumber daya alam dan kawasan wisatanya, Papua juga kaya akan kuliner dan budayanya.

Ada beragam kuliner khas Papua yang nikmat dan menggugah selera. Bukan itu saja, Papua juga memiliki minuman khas yang menyegarkan dan menyehatkan.

Karena kesegarannya, minuman khas Papua tak hanya disukai warga lokal atau masyarat asli Papua tetapi juga disukai oleh para pendatang dari dalam negeri maupun luar negeri. Dilansir dari Fimela, berikut empat minuman khas Papua yang segar dan sehat.

Sunset Papua

Minuman ini terbuat dari jus jeruk dan jus wortel. Perpaduan dua warna dari jus jeruk dan wortel membuat minuman khas Papua ini terlihat seperti matahari terbenam atau sunset.

Itu yang menjadikan minuman ini dinamakan Sunset Papua. Untuk mempercantik tampilannya, sunset Papua juga biasa disajikan bersama biji selasih.

Es Matoa

Minuman selanjutnya ada es matoa. Seperti namanya, matoa adalah buah khas Papua yang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Es matoa biasanya disajikan bersama kolang-kaling, irisan jelly dan buah-buahan. Rasa es matoa biasanya manis menyegarkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teh Sarang Semut

Teh ini terbuat dari sarang semut. Meski sedikit unik, teh ini punya cita rasa khas yang enak. Teh ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti mengatasi darah tinggi, melancarkan haid dan mengatasi migrain.

Tak hanya diolah sebagai teh, sarang semut di Papua juga diolah menjadi bahan pembuatan kue tradisional Papua.

Es Kelapa Muda Asam Manis

Minuman ini hampir sama dengan es kelapa muda pada umumnya. Yang membedakan, es kelapa muda ini disajikan bersama perasan air jeruk lemon sehingga menghasilkan rasa yang cenderung asam dan manis segar.

Swansrai Papua

Minuman ini terbuat dari fermentasi air kelapa yang diambil dari buah kelapa berusia tua. Minuman ini mengandung sekitar 30 persen alkohol.Jadi, kalau Anda berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk mencoba minuman dan makanan khas Papua yang segar.  (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.