Sukses

Cinta Sejati, Perjuangan Istri Merawat Suami yang Koma Bertahun-tahun

Seorang istri di China merawat suaminya yang jatuh koma selama lima tahun hingga akhirnya tersadar.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria tersadar dari koma selama lima tahun setelah istrinya yang setia merawatnya lebih dari 20 jam sehari. Sang istri menjadi pengasuh satu-satunya setelahnya dan dia hanya tidur dua hingga tiga jam sehari untuk membersihkan, memberi makan, dan berbicara dengannya.

Dikutip dari Daily Mail, Senin, 26 Agustus 2019, Li Zhihua dari Xiangyang di Provinsi Hubei, menderita cedera otak serius dalam kecelakaan lalu lintas pada 2013. Menurut laporan, Li terjatuh pada Agustus 2013 saat mengendari skuter ketika bekerja.

Insiden itu membuatnya koma bertahun-tahun. Namun setelah bangun, hal pertama yang dikatakan Li kepada istrinya setelah bangun dari komanya, "istriku, aku mencintaimu!"

Kisah mengharukan mereka dilaporkan minggu ini oleh sejumlah media di China.  Dokter Wan Qing'an mengataan kepada wartawan saat menjelaskan kondisi lelaki tersebut.

"Ketika dia dibawa ke rumah sakit, ia dalam kondisi vegetatif. Ia tak bisa menanggapi apa pun."

Istrinya, Zhang Guihuan, 57 tahun, mengenang saat dokter memberi tahunya bahwa sang suami mungkin berada dalam kondisi vegetatif persisten. Ia mengatakan tak mau menerima diagnosis dan ingin membuktikan bahwa para dokter salah.

Kondisi vegetatif persisten adalah kelainan kesadaran di mana pasien dengan kerusakan otak serius berada dalam kondisi sadar secara parsial, tapi tak menunjukkan persepsi dan reaksi kognitif terhadap rangsangan yang ada di sekitarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasangan yang Gigih

 

Hari demi hari, pasangan yang gigih itu tinggal di sebelah tempat tidur Li untuk mengobrol dengannya dan memainkan lagiu-lagu favoritnya, berharap kondisinya akan berangsur membaik.

"Hal-hal ini sangat membantu untuk merangsang sistem sarafnya," kata Wan.

Wanita ini bertekad keras ini hanya tidur dua hingga tiga jam sehari dan merawat Li dalam segala hal yang memungkinkan. Akibatnya, berat badannya turun 10 kilogram.

Zhang mengatakan, untuk memberi makan suaminya, ia harus hati-hati memasukkan makanan ke dalam mulutnya dan kemudian dengan lembut menekan lidahnya untuk memberi tahu suaminya bahwa ia bisa makan.

Li secara ajaib mendapatkan kembali kesadarannya tahun lalu. Pria itu terus tinggal di rumah sakit untuk menjalani perawatan pemulihan.

Dokter mengatakan berkata, meskipun Li tak bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas, ia sepenuhnya sadar akan keadaannya di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.