Sukses

Daftar Lokasi Wisata yang Dikunjungi Jokowi Selama di Nusa Tenggara Timur

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam kunjungan kerja Jokowi dan Ibu Negara itu, mereka disambut dengan sampiran kain tradisional NTT.

"Sampiran kain tradisional Nusa Tenggara Timur menyambut saya dan Ibu Negara di Bandar Udara Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, siang tadi," jelas Jokowi dalam akun Instagramnya @jokowi.

Sampiran kain tradisional itu serasi dengan kemeja putih yang dikenakan Jokowi. Begoti juga dengan Iriana yang mengenakan baju warna senada dengan Jokowi.

Selama berada di NTT, Jokowi dan Ibu Negara mengunjungi setidaknya tiga tempat wisata. Apa sajakah itu?

2 dari 5 halaman

Puncak Waringin

Labuan Bajo, salah satu desa di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat adalah calon destinasi wisata unggulan Indonesia. Tempat itu, kata Jokowi, konon paduan kata dari tempat berlabuh dan Suku Bajo.

"Labuan Bajo kini jadi salah satu tujuan wisata populer di Tanah Air. Inilah pemandangan salah satu sudutnya dari Puncak Waringin," jelas Jokowi, Kamis, 11 Juli 2019.

Menurut Jokowi, pemerintah akan mengembangkan dan menata Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT ini berikut infrastruktur pendukungnya seperti jalan, trotoar, bandara dan pelabuhan terdekat menjadi sebuah kawasan industri pariwisata.

Di sekitar pelabuhan akan ada hotel, kawasan terpadu Marina, dan area komersial. Sementara, Puncak Waringin akan dilengkapi pusat cinderamata, amfiteater, ruang terbuka hijau, area parkir, dan dek observasi. 

3 dari 5 halaman

Pulau Rinca

Setelah meninjau Labuan Bajo, Jokowi mengunjungi Pulau Rinca. Pulau tersebut merupakan salah satu pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Para wisatawan domestik dan mancanegara antusias foto bersama Jokowi.

"Pulau Rinca dapat dicapai dengan kapal cepat sekitar satu jam dari dermaga Pantai Waecicu, Kabupaten Manggarai Barat," jelas Jokowi.

Pengembangan kawasan Taman Nasional Komodo ke depan akan dibuat terpadu antara satu lokasi wisata dengan lokasi lainnya di NTT, termasuk Labuan Bajo.

"Kita tetap menimbang prinsip konservasi dan memperhatikan daya dukung Taman Nasional Komodo agar tidak membahayakan lingkungan alamnya. Karena itulah, perlu ada pemisahan yang jelas antara zona konservasi dan turisme di kawasan tersebut," kata Jokowi.

4 dari 5 halaman

Gua Batu Cermin

Tempat lain yang dikunjungi Jokowi adalah Gua Batu Cermin. Gua ini salah satu daya tarik pariwisata NTT, selain Labuan Bajo, dan Taman Nasional Komodo.

Jutaan tahun lalu, konon posisi gua ini ada di bawah laut. Lalu di satu masa terjadi pergeseran lempeng bumi dan sebagian wilayah di Pulau Flores tenggelam, ada juga yang naik ke permukaan. 

Di bagian tengahnya ada ruang yang cukup lapang untuk 15 orang. Pada waktu-waktu yang tepat, rongga di atasnya menjadi lorong cahaya yang memantul di dinding gua dan membentuk cermin alam. Itulah asal muasal gua ini disebut Gua Batu Cermin.

"Pemerintah juga hendak mengembangkan kawasan Gua Batu Cermin ini menjadi kawasan wisata dengan pusat belanja kreatif Kampung Festival Labuan Bajo yang dilengkapi area parkir, taman bermain anak, panggung terbuka, hingga pusat kuliner," kata Jokowi.

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Dukung Nadiem Hapus Ujian Nasional
Artikel Selanjutnya
Jokowi Targetkan Ekspor Otomotif Nasional Capai USD 24 Miliar